Sudirman Said bertemu dengan Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) di Kota Semarang, Selasa (16/1/2018). (Okezone.com-Taufik Budi) Sudirman Said bertemu dengan Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) di Kota Semarang, Selasa (16/1/2018). (Okezone.com-Taufik Budi)
Selasa, 16 Januari 2018 22:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

PILKADA 2018
Purnawirawan Rapatkan Barisan demi Sudirman Said di Pilgub Jateng

Pilkada atau tepatnya Pilgub Jateng 2018 dihadapi Sudirman Said dengan dukungan para purnawirawan atau pensiunan tentara dan polisi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Calon gubernur Sudirman Said menggalang kekuatan 5.000 mantan prajurit TNI dan anggota Polri demi memenangi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018. Mereka tersebar di seluruh daerah di Jateng hingga satuan wilayah terkecil.

“Ini merupakan sayap Partai Gerindra, PPIR [Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya]. Saya memberikan apresiasi karena beliau-beliau ini kan di tempat masing tokoh masyarakat, purnawirawan itu orang yang pernah mengabdi pada negara menyabung nyawa,” kata Sudirman Said sebagaimana dikutip laman aneka berita Okezone.com, Selasa (16/1/2017).

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mengatakan ribuan purnawirawan tersebut akan memfasilitasinya ketika melakukan kunjungan ke berbagai daerah. Meski berada di bawah Partai Gerindra, namun mereka juga akan bersinergi dengan anggota parpol koalisi untuk melakukan sosialiasi terhadap calon yang diusung.

“Personelnya ada lebih dari 5.000 orang di struktur Gerindra. Kampanye nanti kankita berkegiatan ke daerah-daerah, mereka ikut memfasilitasi. Kemdudian selama proses [pilkada] enam bulan ke depan mekakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bagaimana memilih yang sehat, bagaimana cara memilih pemimpin terbaik, menghindari politik uang,” ungkapnya.

Bukan hanya untuk menyukseskan Pilgub Jateng, para mantan prajurit itu juga akan bergerak untuk melakukan sosialisasi pilbup dan pilwalkot di daerah masing-masing. “Mereka siap menyukseskan Pilkada 2018 baik itu untuk pilgub, maupn pemiliha bupati dan wakil bupati maupun pemilihan wali kota dan wakil wali kota, di mana mereka berada,” terangnya.

Meskipun baru terbentuk dalam lima bulan terakhir, namun Persatuan Purnawirawan Indonesia Raya (PPIR) yang merupakan sayap Partai Gerindraitu diklaim telah solid di seluruh daerah di Jateng. Bahkan dinyatakan diap bergerak hingga satuan wilayah terkecil.

“Setiap kampanye, [PPIR] akan kita libatkan. Sampai tingkat grass root [akar rumput] dari kabupaten hingga tingkatan level RT,” ujar Koordinator PPIR Jateng, Sutar, seusai menggelar pertemuan tertutup dengan Sudirman Said di salah satu hotel di Kota Semarang, Selasa.

Mantan anggota pasukan elite Kopassus itu menambahkan, pihaknya akan bersinergi dengan parpol koalisi, yakni Partai Gerindra, PKB, PKS, dan PAN untuk memenangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah dan mengalahkan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). PPIR, tegas Sutar, akan membuat langkah konkret berupa pendekatan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga Sudirman-Ida mendapatkan suara terbanyak.

“Untuk tingkat kabupaten rata-rata sampai RT hampir 300 orang yang masuk struktur. Kita sayap Partai Gerindra, sehingga untuk melakukan kegiatan itu akan berkoordinasi dengan Gerindra termasuk parpol koalisi untuk memenangkan Pilgub,” lugasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

LOKER SOLO
Siapa Mau Kerja di Dealer ASTRA, Cek Syaratnya di Sini, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Visi Pedagogis Daoed Joesoef

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (27/01/2018). Esai ini karya M. Fauzi Sukri, penulis buku Guru dan Berguru (2015) dan Pembaca Serakah (2017). Alamat e-mail penulis adalah fauzi_sukri@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Indonesia, khususnya dunia pendidikan, kehilangan sosok pemikir pedagogis tangguh yang…