News
Selasa, 16 Januari 2018 - 21:45 WIB

Ngakak! Menag Dikirimi Tulisan Arab, Ternyata Isinya Lirik Lagu Via Vallen

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kicauan Menang soal tulisan Arab berisi lirik lagu Via Vallen yang bikin ngakak (Twitter @lukmansaifuddin)

Tulisan Arab berisi lirik lagu Via Vallen yang sempat dikira manuskrip tua ini bikin menteri agama ngakak.

Solopos.com, SOLO – Sebagai pejabat negara, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, sering mendapatkan beragam kiriman berisi keluhan hingga guyonan. Maklum saja, dia memang cukup aktif menggunakan akun media sosial, khususnya Twitter.

Advertisement

Baru-baru ini, Lukman Hakim mengalami kejadian yang cukup unik. Kisah unik ini dibagikan melalui akun Twitter pribadinya, @lukmansaifuddin, Minggu (14/1/2018). Dalam kicauan itu, dia mengunggah foto tulisan Arab yang sangat indah. Pada mulanya, dia mengira tulisan itu adalah manuskrip kuno. Tapi, setelah dibaca, tulisan itu adalah lirik lagu dangdut yang tengah naik daun.

“Menerima postingan dari seseorang. Saya kira manuskrip tua. Ternyata lirik lagu dangdut yang lagi nge-hitz,” tulis Lukman Hakim sembari mencolek akun @omanfathurahman.

Advertisement

“Menerima postingan dari seseorang. Saya kira manuskrip tua. Ternyata lirik lagu dangdut yang lagi nge-hitz,” tulis Lukman Hakim sembari mencolek akun @omanfathurahman.

Sebagai informasi, Oman Fathurahman adalah peneliti manuskrip Islam kuno pertama di Indonesia. Saat ini dia bekerja sebagai dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Sebagai ahli filologi, dia langsung membalas kicauan Lukman Hakim dengan menjelaskan huruf yang dipakai dalam tulisan tersebut.

“Aksara ini lebih tepat disebut pegon. Merujuk pada aksara Arab yang dimodif untuk bahasa Jawa. Kalau aksara Arab yang dimodif untuk bahasa Melayu disebut aksara Jawi atau Arab Melayu. Keduanya cermin adaptasi budaya Arab Islam dengan lokalitas Nusantara. Lho kok jadi serius ya? @lukmansaifuddin,” tulis Oman melalui akun @omanfathurahman.

Advertisement

Kemudian, Oman melanjutkan penjelasannya dengan menuliskan arti tulisan tersebut yang tak lain adalah lirik lagu Sayang dari Via Vallen. “Siap, tugas saya mentranskripsinya. Sayang, apa kowe kerungu jeritan hatiku mengharap engkau kembali. Sayang, nganti memutih rambutku, ora bakal luntur tresnaku. Hanya transkripsi lho,” sambung dia.

Kicauan Lukman Hakim ini tentu saja langsung heboh dan menjadi viral. Sejumlah netizen tak mau ketinggalan menuliskan komentar lucu sebagai respons. Mereka tidak menyangka jika Lukman Hakim juga mengetahui lagu Sayang. Namun, ada pula warganet yang mencibir tindakan tersebut. Mereka menilai kicauan itu sama sekali tidak penting.

Wkwkwk, menteri zaman now jebulnya Vyanisty juga,” komentar @istia_iis.

Advertisement

“Sekali-kali enggak usah bahas yang serius. Ada waktunya juga menghibur diri. Bukan berarti pak @lukmansaifuddin tidak memikirkan hal lain. Terima kasih sudah membagi bahan untuk tersenyum pak,” imbuh @prajurit_subuh.

“Menteri kok bahas yang beginian. SARA sudah merajalela malah bahas yang begini. Manfaatnya apa?” tanya @angelaelico ketus.

“Halah, padune ternyata pak menteri diam-diam Vyanisty juga,” kelakar @tsalismuttaqin.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif