Jogja
Selasa, 16 Januari 2018 - 07:40 WIB

Memprihatinkan! 18.420 Lansia di Gunungkidul Hidup Terlantar

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi lanjut usia (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Lansia terlantar dominasi PMKS.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Warga lanjut usia (lansia) yang terlantar di Gunungkidul menempati jumlah tertinggi dari keseluruhan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah ini. Hal tersebut diduga karena banyaknya anak muda yang merantau ke luar daerah.

Advertisement

Jumlah lansia terlantar di Gunungkidul mencapai 18.420 jiwa. Adapun total jumlah PMKS di Gunungkidul sebanyak  33.253 jiwa. Jumlah lansia terlantar separuh lebih dari total 17 permasalahan di Gunungkidul itu.

Menurut Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos), Gunungkidul, Irfan Ratnadi banyak faktor sebenaranya yang menyebabkan angka lansia terlantar menjadi tinggi. “Pertama penyebabnya angka lansia terlantar tinggi karena dapat dilihat umur harapan hidup Gunungkidul tinggi, otomatis lansia banyak. Hal tersebut dibarengi anaknya banyak yang keluar merantau,” kata Irfan, Senin (15/1/2018).

Selain itu juga menurutnya banyak masyarakat yang tidak menikah sehingga tidak ada keluarga yang mengurus. “Hal tersebut menjadi tanggung jawab kami nantinya permasalahan tersebut, selain juga semua masyarakat ataupun unsur pemerintah,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif