Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id) Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)
Senin, 15 Januari 2018 17:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Peristiwa Share :

Kocak! Penonton Tolak Hadiah Sepeda Jokowi Tapi Minta Sepeda Motor

Afdal Riyanto menolak pemberian sepeda Jokowi.

Solopos.com, PEKALONGAN – Di berbagai kesempatan, di sebuah acara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering memberi hadiah kepada audiens. Hadiah paling banyak diberikan Presiden adalah sepeda gunung.

Presiden Jokowi pun melakukan hal yang sama saat membuka Muktamar Ke-12 Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh al-Mu’tabaroh an-Nahdliyyah (JATMAN) dan Halaqah ke-2 Ulama Thoriqoh Luar Negeri di Pendopo Kabupaten Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, Senin (15/1/2017)

Di tengah – tengah sambutan sebagaimana diberitakan Kemenag.go.id, Presiden mengundang audiens dan memberikan pertanyaan. Afdal Riyanto yang datang dari Palembang, Sumatera Selatan, maju ke depan untuk menerima tantangan Presiden.

“Bacakan, lafalkan Pancasila. Hapal?” tanya Presiden.

“Hapal Pak,” jawab Afdal mantap.

Afdal pun melafalkan Pancasila dengan lancar dan lantang. “Tapi saya jangan dikasih sepeda Pak, susah bawanya,” ujarnya.

“Hlo, yang mau ngasih hadiah siapa…?” balas Presiden diikuti tawa peserta Muktamar.

“Baru kali ini ada orang yang menolak hadiah dari saya. Ya sudah, nanti saya kirim sepedanya Sumsel,” kata Presiden. Namun, Afdal tetap menolak.

“Ya sudah, silahkan mau minta apa, tapi belum tentu saya kasih,” imbuh Presiden.

“Sepeda motor saja Pak,” minta Afdal disertai gelak tawa peserta

“Ya sudah, nanti hadiah nya saya kirim ke Sumsel ya,” jawab Presiden tanpa memberi tahu hadiah apa.

“Hadiahnya satu saja ya,” imbuh Presiden.

Pembukaan Muktamar ke-12 JATMAN dihadiri ribuan tamu undangan dan sejumlah menteri kabinet kerja, termasuk Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Kolom

GAGASAN
Pelestarian Seni Tradisi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2018). Esai ini karya Tito Setyo Budi; esais, sastrawan, budayawan, dan ketua Yayasan Sasmita Budaya Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Paparan ini saya mulai dari selorohan soal nasi…