News
Senin, 15 Januari 2018 - 19:00 WIB

Dana Bantuan Palestina Dipotong Amerika Serikat, Begini Sikap Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Palestina (genheration.com)

Rencana Amerika Serikat memotong dana bantuan untuk Palestina mengundang keprihatinan.

Solopos.com, JAKARTA — Dana bantuan untuk Palestina rencananya akan dipotong Amerika Serikat. Hal ini mengundang keprihatinan Pemerintah Indonesia.

Advertisement

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, menyampaikan keprihatinan rencana pemutusan bantuan dari Negeri Paman Sam kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson. Keprihatinan itu disampaikan lewat percakapan telepon pada Senin (15/1/2018) pagi.

“Ibu Menlu mengangkat isu Palestina dan menyampaikan keprihatinan atas rencana AS memotong anggaran UNRWA,” terang juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir kepada awak media di Anomali Coffee, Jakarta Pusat sebagaimana dikutip Okezone.com.

Dalam kesempatan itu, Menlu Retno mengingatkan bahwa dana bantuan digunakan untuk pengungsi Palestina di negara-negara asing. Diplomat kelahiran Semarang itu mengimbau agar keputusan pemotongan anggaran tersebut dipertimbangkan dengan matang.

Advertisement

“Keputusan itu hendaknya dipertimbangkan dengan matang. Jangan sampai berdampak negatif kepada Palestina,” sambung Arrmanatha Nasir, mengutip Menlu Retno.

Sebagaimana diketahui, Amerika Serikat membekukan dana bantuan kepada UNRWA senilai USD125 juta. Dana tersebut sedianya diberikan pada 1 Januari. Akan tetapi, Washington menahan dana itu hingga selesai meninjau ulang Otoritas Palestina.

Negeri Paman Sam melakukan hal tersebut dengan alasan Otoritas Palestina menolak melanjutkan negosiasi damai dengan Israel atas status Yerusalem. Palestina balas mengatakan bahwa Yerusalem adalah Ibu Kota abadi dan tidak untuk dijual demi emas atau uang.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif