Ilustrasi Kereta Api (KA) Tawang Jaya rute Semarang-Jakarta. (Youtube.com) Ilustrasi Kereta Api (KA) Tawang Jaya rute Semarang-Jakarta. (Youtube.com)
Minggu, 14 Januari 2018 10:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

PT KAI Semarang Operasikan Kembali Tawang Jaya Premium Tambahan

PT KAI Semarang kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Tawang Jaya Premium Tambahan dengan rute Semarang Tawang-Pasar Senen Jakarta.

Solopos.com, SEMARANG —  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang kembali mengoperasikan Kereta Api (KA) Tawang Jaya Premium Tambahan dengan rute Semarang Tawang-Pasar Senen Jakarta dan sebaliknya.

“Pengoperasian kembali KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini untuk memperlancar mobilitas masyarakat di relasi Semarang-Jakarta PP,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Kota Semarang, Sabtu (13/1/2018).

Menurut dia, pengoperasian kembali KA Tawang Jaya Premium Tambahan dijadwalkan berlangsung pada 15-21 Januari 2018. Tetapi, jika ternyata mendapatkan animo besar dari masyarakat, dimungkinkan masa operasional kereta api premium tambahan itu diperpanjang.

Ia menyebutkan KA Tawang Jaya Premium Tambahan menggunakan rangkaian KA ekonomi berkapasitas 80 tempat duduk dalam setiap gerbong dengan menyeret delapan kereta penumpang, ditambah satu kereta makan. “Jadi, total kapasitas KA Tawang Jaya Premium Tambahan ini mampu mengangkut 640 penumpang setiap keberangkatan. Sekarang ini, memang masih dalam tahap uji coba,” paparnya.

Nantinya, sambung dia, PT KAI Daops IV Semarang akan melakukan evaluasi selama masa pengoperasian KA Tawang Jaya Premium Tambahan untuk rekomendasi perjalanan selanjutnya jika hasilnya bagus, dalam arti okupasi penumpang memadai.

Mengenai fasilitas di KA tersebut, ia mengatakan penumpang akan termanjakan dengan bangku yang lebih luas dan nyaman ketimbang kelas ekonomi, bisa diubah posisi sandarannya, interior yang eksklusif, dan sebagainya.

Sebenarnya, imbuh dia, pertumbuhan jumlah penumpang KA di wilayah PT KAI Daops IV Semarang terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Pada 2017 lalu misalnya, jumlah penumpang mencapai 5.808.033 orang. “Jumlah penumpang sepanjang 2017 sebanyak itu menunjukkan kenaikan 15% dibandingkan 2016 yang hanya mencatat angka 5.395.516 orang. Ya, makanya kami operasikan lagi KA tambahan ini,” katanya.

Untuk jadwal keberangkatan KA Tawang Jaya Premium Tambahan, Suprapto menjelaskan dari Stasiun Tawang Semarang berangkat pukul 20.20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 03.05 WIB, dan sebaliknya dari Jakarta pukul 06.55 WIB tiba di Semarang pukul 13.35 WIB. “Ya, selain untuk memperlancar mobilitas masyarakat, kami berharap kehadiran KA ini bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jateng yang sedang menggalakkan promosi wisata Jateng Wow 2018,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….