Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menggelar Rapat Koordinasi Inventarisasi Masalah terkait Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 di RM Nggirli, Wates, Kulonprogo, Rabu (20/12/2017). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo menggelar Rapat Koordinasi Inventarisasi Masalah terkait Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 di RM Nggirli, Wates, Kulonprogo, Rabu (20/12/2017). (Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja)
Minggu, 14 Januari 2018 10:20 WIB Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

PEMILU 2019
Partai Lama Ingin KPU Segera Lakukan Verifikasi Faktual

KPU diharapkan segera memutuskan kapan pelaksanaan verifikasi faktual terhadap partai politik

Solopos.com, KULONPROGO– Ketua Dewan Perwakilan Cabang Demokrat, Sugianto menginginkan KPU segera memutuskan kapan pelaksanaan verifikasi faktual (verfak) itu dijalankan.

Baca juga : KPU Kulonprogo akan Beberkan Hasil Verifikasi Lapangan Parpol Peserta Pemilu 2019

Dengan semakin lama penentuan waktu pelaksanaan, semakin menumpuk juga pekerjaan KPU Kulonprogo di tahun politik ini.

“Kasihan KPU Kulonprogo, belum selesai dengan verfak hari ini dan penentuan jumlah Dapil [daerah pilih] malah ditambahkan, tapi apapun itu kami siap,” ucap Sugianto, menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan uji materi Pasal 173 ayat pertama dan ketiga Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang  hanya melakukan verifikasi faktual terhadap partai baru.

Sementara hal serupa DPC PDIP Kulonprogo, Sudarto. Menurutnya PDIP Kulonprogo tidak akan mengalami permasalahan sama sekali dengan perubahan ketentuan itu.

“Silahkan saja verifikasi faktual, tidak ada permasalahan dengan itu untuk PDIP Kulonprogo, kami siap menuju pemilu 2019 mendatang,” ungkapnya.

Verfak sendiri merupakan tahapan terakhir pendaftaran partai politik untuk mengikuti pesta demokrasi tahun 2019.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….