FC Barcelona (JIBI/REUTERS/Albert Gea)
Minggu, 14 Januari 2018 14:55 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Spanyol Share :

LIGA SPANYOL
Real Sociedad Vs Barcelona: Kutukan Anoeta Bisa Sirna

Liga Spanyol akan menyajikan duel Real Sociedad vs Barcelona.

Solopos.com, SOCIEDAD — Jika ada tim yang belum pernah merasakan sakitnya kekalahan di Liga Primera Spanyol, tim itu adalah Barcelona. Luis Suarez dkk. langsung melaju bersama pelatih barunya, Ernesto Valverde, dengan meraih 48 poin dari 18 pertandingan. Bayang-bayang juara seperti sudah di depan mata karena mereka telah meninggalkan Atletico Madrid sebagai pesaing terdekat dengan selisih sembilan poin.

Namun jarak itu bisa saja tereduksi saat Blaugrana melawat ke kandang Real Sociedad di Anoeta, Senin (15/1/2018) dini hari WIB. Meski berstatus tim raksasa, Barca tak pernah menang di markas Sociedad dalam enam kunjungan terakhir di Liga Primera Spanyol.

Pada lawatan terbaru di Anoeta, November 2016, Barcelona tertinggal lebih dulu lewat gol Willian Jose sebelum disamakan Lionel Messi menjadi 1-1. Sebelum pertemuan itu, Blaugrana bahkan dipaksa menelan lima kekalahan dari tujuh lawatan ke Anoeta. Kali terakhir Barca jemawa di markas Sociedad adalah pada akhir musim 2006/2007. Blaugrana menang 2-0 lewat gol Andres Iniesta dan Samuel Eto’o.

Rekor buruk ini jelas perlu diwaspadai Messi dkk. Namun anak asuh Ernesto Valverde tampaknya tak perlu khawatir berlebihan setelah mampu menggasak Celta Vigo 5-0 dalam leg kedua babak 16 besar Copa del Rey. Kemenangan itu menjadikan Barca tak tersentuh kekalahan di 28 pertandingan terakhir.

Bisa dibilang para pemain Blaugrana dalam moral yang sangat bagus untuk melanjutkan tren positif. Kutukan di Anoeta bahkan berpotensi diruntuhkan jika melihat performa buruk tuan rumah belakangan. Sociedad hanya menang sekali dalam lima laga kandang terakhir di semua kompetisi. Tiga di antaranya berujung kekalahan.

“Mungkin pertandingan terburuk di musim ini sedang menunggu kami. Namun saya berharap laju kami bertahan lebih lama,” ujar gelandang Barca, Ivan Rakitic, seperti dilansir Marca, Jumat (12/1/2018).

Tim tamu belum dapat menurunkan Philippe Coutinho yang didatangkan dari Liverpool senilai 120 juta euro. Pemain asal Brasil ini didiagnosis mengalami masalah di otot paha dan harus menepi sekitar tiga pekan. Namun Barca tak perlu was-was karena masih punya dirijen permainan sekelas Messi hingga Andres Iniesta.

Iniesta sendiri merasa senang dengan kehadiran Coutinho dan tak merasa tersaingi di posisinya. Dia juga menegaskan tak akan pensiun lebih cepat selepas kedatangan Coutinho. “Tidak pernah ada yang membuat saya pensiun atau terdepak dari sini. Di usia 33 tahun, itu bukanlah masalah. Coutinho datang untuk membuat kami kuat,” ujarnya dilansir Football Espana.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….