Jan Oblak (JIBI/REUTERS/Juan Medina)
Minggu, 14 Januari 2018 22:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Spanyol Share :

LIGA SPANYOL
Jan Oblak, Sang Penyelamat Atletico Madrid

Liga Spanyol diwarnai performa gemilang Jan Oblak.

Solopos.com, EIBAR — Nasib Atletico Madrid berbeda dengan tetangga mereka, Real Madrid. Atletico mengamankan kemenangan meski dengan skor tipis 1-0 di kandang Eibar di Estudio Municipal de Ipurua, Eibar, Minggu (14/1/2018) dini hari WIB.

Atletico pantas berterimakasih kepada Jan Oblak. Kiper asal Slovenia tersebut menjadi pahlawan Atletico pada pertandingan ini. Los Rojiblancos, julukan Atletico, unggul lebih dahulu melalui gol Kevin Gameiro setelah memanfaatkan umpan Antoine Griezmann pada menit ke-25. Namun selanjutnya Eibar bermain lebih baik dalam menyerang.

Gawang Atletico bertubi-tubi mendapat serangan Eibar. Tapi, Oblak membuat gawang Atletico benar-benar sukar ditembus. Kiper berusia 25 tahun tersebut setidaknya melakukan lima penyelamatan gemilang dari ancaman para pemain tuan rumah.

“Saya tidak akan pernah bicara keadilan, saat saya menang atau kalah. Hasilnya, seperti ini. Situasi di depan gawang sangat penting bagi kami,” jelas entrenador Atletico, Diego Simeone, seperti dilansir Espnfc.com.

Salah satu penyelamatan memukau Oblak dipertontonkan ketika dia menepis sundulan pemain Eibar, Joan Jordan. Selain itu, Oblak mengeblok sundulan Paulo Olivera yang meneruskan sepak pojok sekitar 11 menit tersisa, plus menunjukkan gerak reflek untuk membendung tembakan mendatar Takashi Inui.

“Dia bermain seperti yang biasa dilakukannya. Dia bekerja sangat baik seperti pemain lain dan tim mendapat keuntungan dari kerja sama tim. Mulai dari serangan kemudian pertahanan dan Oblak menunjukkan talentanya dalam mengatasi masalah,” ujar Simeone.

Oblak merupakan salah satu komoditas panas di bursa transfer musim panas ini. Dia dilaporkan menjadi incaran beberapa tim besar, termasuk Liverpool dan Paris Saint Germain (PSG).  Oblak sendiri mengaku belum melakukan perpanjangan kontrak di Atletico.

“Kontrak saya masih sampai 2021, namun kami belum bicara tentang itu. Pertama, Anda harus konsentrasi di lapangan. Apa yang terjadi, akan terjadi, namun itu bukan  tergantung pada diri saya,” jelas Oblak, dilansir fourfourtwo.com.

Kemenangan di Eibar ini cukup berharga bagi Atletico agar tetap bisa bersaing dengan Barcelona di perebutan juara Liga Primera musim ini. Atletico tertinggal 6 poin dari Barcelona yang menempati pucuk klasemen dengan meraup 48 poin.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….