Ilustrasi rekayasa arus lalu lintas (JIBI/Harian Jogja/Dok.) Ilustrasi rekayasa arus lalu lintas (JIBI/Harian Jogja/Dok.)
Minggu, 14 Januari 2018 03:00 WIB Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos Boyolali Share :

LALU LINTAS BOYOLALI
Catat! 2 Ruas Jalan Dijadikan Satu Arah

Lalu lintas Boyolali dilakukan penataan. Dua jalan akan dijadikan satu arah.

Solopos.com, BOYOLALI — Pemkab Boyolali berencana menjadikan Jl. Cendana dan Jl. Perintis Kemerdekaan menjadi satu arah. Saat ini Pemkab melalui Dinas Perhubungan (Dishub) masih melakukan kajian dan koordinasi dengan pihak terkait untuk merealisasikan rencana tersebut.

Jl. Cendana sepanjang 1,6 km membentang dari kawasan Terminal Boyolali hingga Jl. Boyolali-Magelang. Jalan tersebut merupakan lanjutan dari Jl. Perintis Kemerdekaan (biasa disebut jalan lingkar selatan) yang didominasi mobil dan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Saat ini di Jl. Cendana berlaku dua arah. Dari arah selatan ke utara untuk semua jenis kendaraan, sedangkan dari arah sebaliknya (utara ke selatan) hanya berlaku untuk kendaraan roda dua. Pemberlakukuan satu arah yang sedang dikaji penerapannya adalah dari arah selatan ke utara.

Kepala Dinas Boyolali Untung Raharjo mengatakan, salah satu pertimbangan rencana penerapan satu arah ini adalah keamanan pengguna jalan. “Ada masukan dari masyarakat dan juga pertimbangan dari kami bahwa Jl. Cendana akan kami jadikan satu arah, yaitu dari selatan ke utara karena pertimbangan keamanan dan keselamatan bersama,” ujarnya di Boyolali, Jumat (12/1/2018).

Menurutnya, kendaraan-kendaraan dari arah selatan menuju utara sering menggunakan dua lajur. Mereka kerap saling mendahului tanpa menghiraukan sepeda motor dari arah depannya. Akibatnya, pengendara sepeda motor dari arah berlawanan itu kerap harus mengalah turun dari jalan untuk menghidari kecelakaan.

Sementara itu, kajian serupa juga akan dilakukan terhadap Jl. Perintis Kemerdekaan. Utamanya ruas timur SMA BK ke arah utara hingga pertigaan Tugu Sapi. Jalur tersebut selama ini bisa digunakan untuk melintas pengguna sepeda motor.

“Kami juga akan melakukan kajian untuk memberlakukan ruas Jl. Perintis Kemerdekaan ini menjadi satu arah. Yaitu hanya untuk kendaraan dari arah utara ke selatan.”

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….