Ilustrasi mengakses Facebook. (Istimewa) Ilustrasi mengakses Facebook. (Istimewa)
Minggu, 14 Januari 2018 09:00 WIB JIBI/Solopos.com/Suara.com Peristiwa Share :

Foto Bugilnya Tersebar, Gadis 14 Tahun Menang Gugatan atas Facebook

Tak jelas berapa nilai dari ganti rugi yang dibayar Facebook pada perempuan tersebut.

Solopos.com, CALIFORNIA – Facebook akhirnya bersedia membayar ganti rugi pada remaja yang merasa dirugikan. Perempuan berusia 14 tahun menggugat Facebook setelah foto bugilnya tersebar di media sosial, tepatnya pada halaman “memalukan”.

Dilansir Telegraph, Jumat (12/1/2017), tak jelas berapa nilai dari ganti rugi yang dibayar Facebook pada perempuan tersebut.

Perempuan itu mengklaim bahwa foto bugilnya didapat setelah ia mengalami pemerasan. Kemudian foto tersebut disebarkan sebagai bentuk balas dendam.

Pearse MacDermott dari McCann dan McCann Solicitors – kuasa hukum perempuan itu mengatakan bahwa foto tak pantas itu di-posting beberapa kali tepatnya antara November 2014 hingga Januari 2016. Pakar hukum mengatakan bahwa Facebook harus bertanggungjawab atas masalah itu karena foto tersebut merupakan konten yang tidak layak.

Perempuan yang identitasnya disembunyikan itu menuntut Facebook karena penyalahgunaan informasi pribadi, kelalaian dan pelanggaran Undang-Undang Perlindungan Data.

Kuasa hukum perempuan itu menyamakan posting-an bugil kliennya dengan penganiayaan anak. Mereka berpendapat bahwa Facebook memiliki kekuatan untuk memblokir republikasi apapun, yang seharusnya menjadi fokus perusahaan.

Sementara itu, Facebook kerap berkilah bahwa mereka selalu menindak pelanggaran sesegera mungkin setelah adanya laporan. Namun pengadilan akhirnya memenangkan gugatan dari gadis itu hingga akhirnya Facebook membayar ganti rugi.

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….