Sejumlah wisatawan saat bermain air di objek wisata cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu. Kamis (18/5/2017). (IST) Sejumlah wisatawan saat bermain air di objek wisata cave tubing Kalisuci di Desa Pacarejo, Semanu. Kamis (18/5/2017). (IST)
Sabtu, 13 Januari 2018 06:20 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Sungai Meluap, Objek Wisata Kalisuci Ditutup Sementara

Penutupan dilakukan karena ketinggian air sungai yang melebihi batas aman

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Hujan deras yang mengguyur pada Kamis (11/1/2018) tidak hanya merendam jalan di Pacarejo. Namun, kondisi tersebut juga berdampak terhadap keberadaan objek wisata cave tubing Kalisuci.

Kepala Desa Pacarejo Suhadi mengatakan, untuk sementara objek ini ditutup karena luapan aliran sungai di Kalisuci. “Ini demi keamanan sehingga pelayanan wisata di Kalisuci dihentikan sementara,” kata Suhadi, Jumat (12/1/2018).

Menurut dia, penutupan dilakukan karena ketinggian air sungai yang melebihi batas aman. Sementara, untuk akses cave tubing juga sangat bergantung dengan debit air di aliran sungai. “Untuk penutupan, kami belum tahu dilakukan sampai kapan. Yang jelas, untuk saat ini masih ditutup,” imbuhnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hary Sukmono juga membenarkan adanya kebijakan penutupan objek wisata Kalisuci. Menurut dia, penutupan merupakan langkah yang diambil pengelola demi alasan keamanan. “Sungai di Kalisuci meluap jadi belum bisa digunakan untuk cave tubing,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….