Jatim
Sabtu, 13 Januari 2018 - 18:05 WIB

Serap Beras Petani, Bulog Madiun Kalah Bersaing dengan Pihak Swasta

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi beras Bulog (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Bulog Madiun akan menyerap 33.000 ton beras tahun 2018.

Madiunpos.com, MADIUN — Stok beras yang dimiliki Bulog Subdivre 4 Madiun saat ini mencapai 9.000 ton. Stok beras tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan di wilayah kerja setempat hingga empat bulan ke depan.

Advertisement

Kepala Bulog Subdivre 4 Madiun Heriswan kepada wartawan di Madiun, Sabtu (13/1/2018), pihaknya memastikan jumlah stok beras tersebut masih terus bertambah seiring upaya penyerapan gabah dan beras petani yang dilakukan oleh petugas Bulog setempat di wilayah kerjanya yang meliputi Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi.

Dia menambahkan pihaknya menargetkan serapan atau pengadaan beras petani sebanyak 33.000 ton pada tahun 2018 ini. “Target kami untuk pengadaan tahun ini sebesar 33.000 ton setara beras,” ujar Heriswan.

Sesuai data, target pengadaan beras tersebut turun dari tahun 2017 yang ditetapkan sebanyak 65.000 ton. Turunnya target pengadaan tersebut dimungkinkan karena banyaknya kendala yang dihadapi Bulog dalam proses penyerapan beras.

Advertisement

Adapun, kendala yang paling dominan adalah Bulog kalah bersaing harga dengan pihak swasta untuk pembelian gabah atau beras milik petani. Kalah bersaing tersebut, lanjutnya, disebabkan karena harga pembelian yang ditetapkan pemerintah (HPP) untuk pengadaan beras selalu di bawah harga yang ditawarkan pihak swasta kepada petani.

Akibatnya, petani lebih memilih menjual gabah atau berasnya ke swasta karena lebih menguntungkan.

Meski menghadapi kendala, pihaknya terus melakukan pengadaan gabah dan beras. Di antaranya dengan memaksimalkan tim Satgas Serapan Gabah yang telah dibentuk untuk terjun ke lapangan membeli gabah dan beras petani.

Advertisement

 

Advertisement
Kata Kunci : Beras Madiun Bulog Madiun
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif