Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan Puti Guntur Soekarno (kanan) bersiap menjalani tes kesehatan tahap kedua di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono) Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kiri) dan Puti Guntur Soekarno (kanan) bersiap menjalani tes kesehatan tahap kedua di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)
Sabtu, 13 Januari 2018 11:00 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

PILKADA JAWA TIMUR
Hasil Tes Kesehatan Cagub-Cawagub Diserahkan ke KPU Jatim Pekan Depan

Pilkada Jawa Timur, hasil pemeriksaan kesehatan akan diserahkan ke KPU Jatim pekan depan.

Solopos.com, SURABAYA – Hasil pemeriksaan kesehatan dua pasangan yang akan berlaga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) 2018 akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi setempat pada awal pekan depan.

“Minggu [14/1/2018] hasilnya kami kumpulkan, dan Senin [15/1/2018], kami kirimkan ke KPU Jatim,” ujar Wakil Direktur Penunjang Medik RSUD dr Soetomo Hendrian D. Soebagjo ketika dimintai konfirmasi di Surabaya, Sabtu (13/1/2018).

Hendrian mengungkapkan hasil yang disampaikan ke KPU Jatim sebagai penyelenggara Pilkada berupa rekomendasi dan keputusan selanjutnya menjadi wewenang KPU.

“Hasilnya ada dua, kami rekomendasikan sama tidak rekomendasikan. Tapi keputusan berikutnya di tangan KPU,” ucapnya.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Elestianto Dardak (kanan) menjalani tes kesehatan tahap kedua di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) dan Emil Elestianto Dardak (kanan) menjalani tes kesehatan tahap kedua di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (12/1/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)

Selama dua hari, 11-12 Januari 2018, dua pasangan calon, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menjalani tes kesehatan di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Pada hari pertama adalah tes pskiatri, yaitu cabang khusus dari kesehatan yang melibatkan pemahaman, penilaian, diagnosis, perawatan, serta pencegahan gangguan kejiwaan, sekaligus tahapan wawancara.

Selain itu, kepada pasangan calon juga dilakukan pemeriksaan MMPI (minnesota multiphasic personality inventory), untuk memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

Sedangkan, pada hari kedua dilakukan tes medis, tes narkotika dan tes psikologi yang pelaksanannya membutuhkan waktu 8-10 jam karena pemeriksaan mulai ujung kaki hingga rambut kepala.

Total terdapat 103 tenaga medis disiapkan karena pemeriksaannya juga banyak dan lebih detail.

Kordinator tim medis pemeriksaan pasangan kandidat RSUD dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi menyampaikan pihaknya melibatkan 11 tim medis spesialis dari berbagai unsur sehingga hasil pemeriksaan benar-benar sesuai harapan.

 

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….