News
Sabtu, 13 Januari 2018 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Januari

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seorang laki-laki membawa bendera Lituania di hadapan tank Uni Soviet, 13 Januari 1991. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 13 Januari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 13 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Januari.

Advertisement

1815
Pasukan Inggris menyerang wilayah Fort Peter, Saint Marys, Camden County, Georgia, Amerika Serikat (AS) demi merebutnya dari pasukan AS. Salah satu pertempuran di masa Perang 1812 itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Pertempuran tersebut merupakan satu-satunya pertempuran di Georgia selama Perang 1812 berlangsung.

1847
Perjanjian Cahuenga ditandatangani pihak Amerika Serikat (AS) dan Meksiko di Campo de Cahuenga atau kkini Universal City di California. Perjanjian itu dibuat demi mengakhiri Perang Meksiko-AS yang berlangsung sejak 25 April 1846. Namun demikian, perang baru benar-benar berakhir pada 3 Februari 1848.

Advertisement

1847
Perjanjian Cahuenga ditandatangani pihak Amerika Serikat (AS) dan Meksiko di Campo de Cahuenga atau kkini Universal City di California. Perjanjian itu dibuat demi mengakhiri Perang Meksiko-AS yang berlangsung sejak 25 April 1846. Namun demikian, perang baru benar-benar berakhir pada 3 Februari 1848.

1895
Pertempuran antara pasukan Italia dan pasukan Etiopia meletus di Quatit, Eritrea, Etiopia. Pertempuran pertama di masa Perang Italia-Etiopia I itu berhasil dimenangi pasukan Italia yang berhasil menumpas sedikitnya 1.500 tentara Etiopia dan hanya kehilangan 229 tentaranya.

1915
Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter mengguncang wilayah Italia bagian tengah. Bencana yang terjadi di pagi hari waktu setempat itu menewaskan antara 29.978 orang sampai 32.610 orang. Kerugian akibat gempa bumi itu diperkirakan mencapai US$60 juta.

Advertisement

1942
Kursi lontar pada pesawat tempur pertama di dunia mulai digunakan untuk pesawat tempur milik Jerman, Heinkel He 280. Kursi lontar adalah perlengkapan dalam kokpit pesawat sebagai wahana penyelamat bagi penerbang ketika pesawat mengalami kerusakan baik teknis atau terkena tembakan maupun rudal lawan.

1951
Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Viet Minh meletus di Vinh Yen, Vinh Phuc, Vietnam. Salah satu pertempuran di masa Perang Indochina itu berlangsung selama lima hari dan berakhir dengan kemenangan Prancis.

1958
Pasukan Pembebasan Maroko menyerbu pasukan Spanyol yang menduduki wilayah Edchera, Maroko. Serangan pasukan Maroko itu kemudian berhasil membuat pasukan Spanyol mundur dari wilayah Edchera.

Advertisement

Presiden Togo, Sylvanus Olympio, yang tewas terbunuh pada kudeta militer, 1963. (Nofi.fr)

1963
Kudeta militer meletus di Togo demi menggulingkan pemerintahan Presiden Togo, Sylvanus Olympio. Dalam peristiwa perebutan kekuasaan itu, Presiden Togo, Sylvanus Olympio, tewas terbunuh.

1985
Kereta api cepat yang melintasi wilayah Awash, Etiopia keluar dari jalur dan menewaskan 428 orang dan sekitar 500 orang lainnya luka-luka. Kecelakaan kereta api itu adalah yang paling buruk di Afrika sepanjang sejarah.

Advertisement

1991
Pasukan Uni Soviet yang diiringi tank T-80 dan kendaraan infantri BMP-3 menyerbu para simpatisan pendukung kemerdekaan Lituania di Vilnius, Lituania. Akibatnya, 14 orang tewas dan sekitar 1.000 orang mengalami luka-luka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Januari

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif