Jateng
Jumat, 12 Januari 2018 - 06:50 WIB

PILKADA 2018 : RSUP Kariadi Siapkan 20 Dokter Cek Kesehatan Peserta Pilgub Jateng

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi medical check up. (cmciks.com)

Pilkada 2018 memasuki tahap cek kesehatan para calon gubernur dan cakon wakil gubernur peserta Pilgub Jateng.

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 20 dokter spesialis di RSUP dr. Kariadi Semarang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap dua pasangan peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng. “Serangkaian pemeriksaan kesehatan kandidat pilkada oleh dokter spesialis akan dilaksanakan pada Jumat [12/1/2018] dan Sabtu [13/1/2018],” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo di Kota Semarang, Kamis (11/1/2018).

Advertisement

Pihak RSUP dr. Kariadi Semarang, menurut KPU Jateng juga telah berkoordinasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk membantu pihaknya dalam pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, termasuk bebas penyalahgunaan narkoba. “Kami sudah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan peserta pemilihan umum kepala daerah (pilkada) tingkat Provinsi Jateng sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan kewenangan para tim dokter yang sudah ditunjuk. “Pemeriksaan kesehatan akan dilakukan secara simultan antarruang karena yang akan menjalani pemeriksaan tidak hanya kandidat pilgub, tapi juga kandidat pilkada tujuh kabupaten/kota,” katanya.

[Baca juga 23 Paslon Siap Bertarung di Pilkada Jateng]

Advertisement

Jika waktu pemeriksaan kesehatan para kandidat pilkada tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota tidak cukup, maka akan diperpanjang menjadi tiga hari. RSUP dr. Kariadi Semarang bukan hanya kebagian tugas melakukan pemeriksaan terhadap para calon gubernur dan calon wakil gubernur, melainkan juga sebagian calon bupati, calon wakil bupati, calon wali kota, dan calon wakil wali kota peserta pilkada serentak 2018 di Jateng.

Selain pemeriksaan kesehatan peserta Pilgub Jateng 2018, RSUP dr. Kariadi Semarang juga akan mengecek kondisi kesehatan peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Tegal dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Tegal. Sedangkan pemeriksaan kesehatan peserta pilkada untuk Pilbup Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, dan Magelang akan dilaksanakan di RSUD dr. Moewardi Solo.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUP dr Kariadi Semarang dr Nurdopo Baskoro menambahkan, pemeriksaan kesehatan peserta pilkada akan melalui 11 tahapan seperti dari pemeriksaan laboratorium hingga pemeriksaan ultrasonography (USG), dan pemeriksaan bebas narkoba dari BNN Jateng. “Ke-20 dokter yang dipersiapkan itu di antaranya adalah dokter spesialis penyakit dalam, spesialis bedah, urologi, dan onkologi,” ujarnya.

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif