Ilustrasi Pilkada 2018. Para pasangan calon yang bakal bersaing pada Pilkada 2018 di Jawa Tengah (Jateng) berfoto bersama sebelum menjalani pemeriksaan di RSUP dr. Kariadi, Semarang, Jumat (12/1/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
Jumat, 12 Januari 2018 10:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Puasa Sejak Malam, Ganjar Datang Lebih Pagi

Pilkada 2018, tahap pemeriksaan kesehatannya tengah dijalani para pasangan calon (paslon).

Solopos.com, SEMARANG – Calon gubernur petahana Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, datang lebih pagi dibanding rivalnya, Sudirman Said, saat menjalani pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) pada Pilkada atau Pilgub 2018 di RSUP dr. Kariadi, Semarang, Jumat (12/1/2017).

Pantauan Semarangpos.com di RSUP dr. Kariadi, Ganjar datang sekitar pukul 07.00 WIB. Selang beberapa menit, sekitar pukul 07.15 WIB, giliran Sudirman yang datang ke lokasi pemeriksaan di Ruang Diklat RSUP dr. Kariadi.

Kedua calon gubernur (cagub) itu datang tanpa didampingi pasangannya. Taj Yasin Maimun yang menjadi pasangan atau calon wakil gubernur (cawagub) Ganjar, datang lebih telat dibanding Sudirman Said disusul pasangan Sudirman Said, Ida Fauziyah—yang namanya kerap pula dieja media massa sebagai Ida Fauziah.

Ditemui wartawan sebelum memasuki ruang pemeriksaan, Ganjar mengaku sudah berpuasa sejak Kamis (11/1/2018) malam. Padahal, sesuai instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU), para paslon baru diwajibkan berpuasa pada Jumat malam untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan jasmani yang digelar Sabtu (13/1/2018).

Peserta tes kesehatan diizinkan makan, namun diimbau tidak terlalu kenyang. Selain itu, bagi paslon yang mengonsumsi rokok dilarang merokok dua jam sebelum pemeriksaan berlangsung. “Saya sudah puasa sejak tadi malam. Enggak tahu kalau hari ini belum diwajibkan puasa,” tutur Ganjar.

Ganjar mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menjalani tes kesehatan paslon pada pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu. Hal senada juga diungkapkan Sudirman Said. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu mengaku juga tidak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi tes kesehatan itu.

“Enggak ada persiapan khusus. Persiapannya biasa saja,” beber calon gubernur (cagub) yang diusung PKB, Gerindra, PKS, dan PAN, serta didukung PPP versi Djan Faridz dan PBB itu.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis RSUP dr. Kariadi, dr. Nurdomo Baskoro, mengatakan pada pemeriksaan kesehatan hari pertama itu para paslon akan menjalani tiga jenis pemeriksaan.

“Hari ini pemeriksaan terkait neurologi, psikologi, dan urine atau narkotika. Untuk neurologi dan psikologi, pemeriksaan akan dilakukan dokter dari Himpsi [Himpunan Psikologi Indonesia], sedangkan untuk urine dilakukan petugas BNN [Badan Narkotika Nasional],” ujar Baskoro.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….