Salah satu gamelan yang sudah di ambil brancah atau wilahnya, Ngemplek, Piyaman, Wonosari, Jumat (12/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo) Salah satu gamelan yang sudah di ambil brancah atau wilahnya, Ngemplek, Piyaman, Wonosari, Jumat (12/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)
Jumat, 12 Januari 2018 16:55 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

PENCURIAN GUNUNGKIDUL
Masuk Balai Dusun, Maling Ambil 3 Gamelan

Pencuri gasak tiga Brancah gamelan di balai dusun Ngemplek, Piyaman, Wonosari

 
Solopos.com, GUNUNGKIDUL—Pencuri gasak tiga Brancah gamelan di balai dusun Ngemplek, Piyaman, Wonosari. Akibat pencurian tersebut kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Ketua paguyuban karawitan Ngudi Laras, Ngemplek, Samingun mengatakan kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh dukuh lama yaitu Kuat. “Pertama kali diketahui pak dukuh yang lama, Kuat pada saat menuju sawah pukul 07.00 WIB,” kata Samingun, Jumat (12/1/2018).

Pagi itu Kuat melihat kondisi jendela yang terbuka, lalu mengajak Samingun yang rumahnya paling dekat dengan balai dusun tersebut, untuk mengecek barang. Setelah melihat-lihat ternyata tiga brancah yang masing-masing brancah terdiri tujuh wilah sudah tidak ada.

Mengetahui kejadian tersebut merekapun melaporkan ke Polsek Wonosari. Sementara itu Kapolsek Wonosari, Kompol Sutama mengatakan saat ini pelaku dalam proses lidik oleh para petugas.

“Kami sudah ke TKP tadi, posisinya memang lumayan jauh dari pemukiman warga. Kerugian dari pencurian ditaksir Rp6 juta. Saat ini pelaku masih dalam proses lidik, dan terancam pasal 363 KUHP,” kata Sutama.

Walaupun kawasan tersebut tidak begitu rawan, Sutama mengimbau pada masyarakat jika ada kejadian langsung melaporkan. “Ini tugas kita bersama, jika ada kejadian laporkan ke kami, kami yang akan menindaknya. Jangan ada main hakim sendiri, percayakan saja pada kami,” tegasnya.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….