Jogja
Jumat, 12 Januari 2018 - 16:55 WIB

PENCURIAN GUNUNGKIDUL : Masuk Balai Dusun, Maling Ambil 3 Gamelan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu gamelan yang sudah di ambil brancah atau wilahnya, Ngemplek, Piyaman, Wonosari, Jumat (12/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Pencuri gasak tiga Brancah gamelan di balai dusun Ngemplek, Piyaman, Wonosari

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pencuri gasak tiga Brancah gamelan di balai dusun Ngemplek, Piyaman, Wonosari. Akibat pencurian tersebut kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Advertisement

Ketua paguyuban karawitan Ngudi Laras, Ngemplek, Samingun mengatakan kejadian tersebut diketahui pertama kali oleh dukuh lama yaitu Kuat. “Pertama kali diketahui pak dukuh yang lama, Kuat pada saat menuju sawah pukul 07.00 WIB,” kata Samingun, Jumat (12/1/2018).

Pagi itu Kuat melihat kondisi jendela yang terbuka, lalu mengajak Samingun yang rumahnya paling dekat dengan balai dusun tersebut, untuk mengecek barang. Setelah melihat-lihat ternyata tiga brancah yang masing-masing brancah terdiri tujuh wilah sudah tidak ada.

Mengetahui kejadian tersebut merekapun melaporkan ke Polsek Wonosari. Sementara itu Kapolsek Wonosari, Kompol Sutama mengatakan saat ini pelaku dalam proses lidik oleh para petugas.

Advertisement

“Kami sudah ke TKP tadi, posisinya memang lumayan jauh dari pemukiman warga. Kerugian dari pencurian ditaksir Rp6 juta. Saat ini pelaku masih dalam proses lidik, dan terancam pasal 363 KUHP,” kata Sutama.

Walaupun kawasan tersebut tidak begitu rawan, Sutama mengimbau pada masyarakat jika ada kejadian langsung melaporkan. “Ini tugas kita bersama, jika ada kejadian laporkan ke kami, kami yang akan menindaknya. Jangan ada main hakim sendiri, percayakan saja pada kami,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif