Jumat, 12 Januari 2018 09:40 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Jajanan PKL Jogja Semakin Banyak yang Bersertifikasi

Tahun ini, Dinkes targetkan 50 PKL tersertifikasi kuliner sehat.

Solopos.com, JOGJA–Dinas Kesehatan Kota Jogja tahun ini berencana melatih 50 pedagang kaki lima (PKL) kuliner guna mendapatkan sertifikat makanan sehat dan layak jual. Tahun lalu, sertifikat yang sama sudah diberikan kepada 50 PKL di kawasan Alun-alun Utara (Altar).

“Tahun ini sasaran 50 PKL lagi, masih di kawasan Alun-alun Utara,” kata Kepala Bidang Regulasi dan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Jogja, Emma Rahmi, Kamis (11/1/2018).
Emma mengatakan sejatinya pelatihan terhadap 50 PKL digelar tahun lalu, namun karena para PKL yang akan disasar tidak datang, sehingga dilanjutkan tahun ini. Pihaknya segera mendatangi PKL di Altar untuk bisa datang dalam pelatihan.
Menurut dia, sertifikat PKL sehat akan diberikan secara gratis, namun PKL wajib mengikuti penyuluhan selama dua hari. Penyuluhan tersebut terkait tata cara memilih bahan baku makanan yang akan dijual, cara memasak, hingga cara pengemasan makanan.
Dinas Kesehatan juga akan menguji sampel makanan yang dijual PKL melalui laboratorium. Salah satu indikator makanan sehat adalah bebas dari bakteri ecoli. Ketika hal itu sudah terpenuhi, kata Emma, maka sertifikat laik sehat. “Tapi sebelum sertifikat diberikan, bagi PKL yang tidak memiliki izin harus mengajukan izin terlebih dahulu dari kecamatan,” ujar Emma.
Ia menyatakan sertifikat PKL sehat berlaku selama dua tahun dan akan ditinjau ulang setiap enam bulan sekali. Emma menambahkan, Dinas Kesehatan, tahun ini juga akan memberikan pelatihan terhadap industri pangan rumah tangga agar mendapatkan izin pangan industri rumah tangga (PIRT).

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….