Ilustrasi MMA (JIBI/Reuters)
Jumat, 12 Januari 2018 00:00 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Umum Share :

200 Petarung MMA Siap Duel di Han Championship IV

Kejuaraan MMA bakal digelar di Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Seni bela diri mixed martial art (MMA) belakangan ini sangat bergaung di kancah nasional. Dibungkus dengan format entertaintment, bela diri ini semakin digemari masyarakat umum yang bukan atlet.

Hal itu salah satunya tercermin dari membeludaknya pendaftar dalam Kejuaraan Kyokushin, MMA dan Kick Boxing bertajuk Han Championship IV di Hartono Mall, Solo Baru, Sabtu-Minggu (13-14/1/2018). Seratusan lebih petarung amatir telah terdaftar di turnamen yang memperebutkan Piala Bupati tersebut.

Pendiri Han Fight Academy yang juga Ketua Han Championship IV, Johan Mulia Legowo, mengatakan turnamen tersebut merespons tingginya antusiasme publik dengan olahraga MMA beberapa tahun ini. Di Han Championship IV, seluruh atlet merupakan petarung amatir yang tidak berlaga di ajang MMA atau kick boxing profesional.

Pihaknya bahkan membuka kesempatan bagi pehobi MMA untuk tampil dalam kompetisi. “Ajang ini memang kami tujukan untuk pembibitan, jadi petarung profesional silakan minggir dulu,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (11/1/2018).

Dia mengatakan seratusan lebih petarung yang telah mendaftarkan diri menjadi bukti tingginya animo masyarakat terhadap MMA. Menurut Johan, peserta Han Championship juga seringkali datang dari luar Pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sulawesi.

Melihat tren kompetisi beberapa tahun sebelumnya, Johan optimistis peserta tahun ini bisa menembus 200 petarung. “Pendaftaran sebenarnya sudah ditutup kemarin [Rabu,10/1], tapi diperpanjang hingga hari ini [Kamis] untuk menampung antusiasme publik,” tutur dia.

Kompetisi nantinya akan dibedakan berdasarkan usia dan berat badan. Panitia memberlakukan kelas anak, dewasa dan veteran untuk MMA amatir, kyokushin dan kick boxing. Johan mengaku memberlakukan aturan yang lebih ketat di kompetisi kali ini untuk melindungi petarung.

Disinggung pemilihan mal sebagai lokasi turnamen, Johan mengaku ingin mendekatkan MMA pada masyarakat luas. “Kalau digelar di GOR kan yang nonton tokoh-tokoh bela diri saja. Turnamen di mal sekaligus sebagai edukasi pada publik,” ujarnya.

Sebagai informasi, pertandingan MMA amatir dan kyokushin akan digelar hari Sabtu. Ada pun laga kick boxing bakal digelar Minggu.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….