Sudirman Said-Ida Fauziah. Sudirman Said dan Ida Fauziyah berjalan kaki dari Tugu Air Mancur Jl. Pahlawan, Semarang, menuju Kantor KPU Jateng, Rabu (10/1/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Sudirman Said Center)
Kamis, 11 Januari 2018 04:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Selawat Badar Iringi Sudirman-Ida Daftar ke KPU

Pilkada 2018 diwarnai pencalonan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah menjadi peserta Pilgub Jateng di KPU setempat.

Solopos.com, SEMARANG – Berkas pendaftaran pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur, Sudirman Said-Ida Fauziyah, telah diterima dan dinyatakan lengkap oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng), Rabu (10/1/2018). Dengan demikian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) atau Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 bakal diikuti dua peserta. Selain Sudirman-Ida, sehari sebelumnya telah mendaftar pula pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin.

Pasangan Sudirman-Ida datang ke Kantor KPU Jateng menyerahkan berkas pendaftaran mengikuti pilkada atau Pilgub Jateng 2018 dengan diiringi puluhan orang pendukung mereka, sekitar pukul 17.25 WIB. Mereka mendatangi KPU Jateng sambil melantunkan Selawat Badar atau selawat yang dibacakan untuk mengiringi Nabi Muhammad S.A.W saat menuju peperangan Badar.

Sebelum mendatangi KPU Jateng, Sudirman-Ida beserta para pendukung lebih dulu melaksanakan Salat Ashar berjemaah di Masjid Baiturrahman yang terletak di kawasan Simpang Lima, Kota Semarang. Mereka kemudian berjalan kaki menuju Kantor KPU Jateng yang berjarak lebih dari 2 km. Barisan itu juga diikuti para perempuan, termasuk Ida Fausiyah yang kerap pula dieja namanya sebagai Ida Fauziah itu.

Sudirman Said-Ida Fauziah.

Sudirman Said dan Ida Fauziyah berjalan kaki dari Tugu Air Mancur Jl. Pahlawan, Semarang, menuju Kantor KPU Jateng, Rabu (10/1/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Sudirman Said Center)

Saat tiba di Tugu Air Mancur, Jl. Pahlawan Kota Semarang, Sudirman-Ida sempat memberikan orasi politik kepada pendukungnya. Mereka sebetulnya berencana menggelar ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal sebelum ke KPU Jateng. Tapi ziarah ke permakaman para pahlawan itu batal digelar karena hari yang sudah terlalu sore.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, menyebutkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah maju sebagai cagub dan cawagub di Pilkada atau Pilgub Jateng dengan diusung atau didaftarkan oleh empat partai politik (parpol). Keempat parpol itu, yakni PKB, Gerindra, PKS dan PAN. Selain keempat partai itu, ada juga Partai Bulan Bintang (PBB) dan PPP kubu Djan Faridz yang menyatakan dukungan kepada pasangan Sudirman-Ida.

“Sudah sah [berkas pendaftaran] diterima. Setelah ini akan dilakukan verifikasi berkas, terutama yang berkas calon. Kalau yang untuk berkas pencalonan [dari partai pengusung] sudah semua,” ujar Joko saat dijumpai wartawan di Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran No. 1A, Semarang, Rabu.

Joko menambahkan pasangan Sudirman-Ida sudah memenuhi syarat pencalonan karena kursi yang dimiliki partai koalisi lebih dari 20 kursi di DPRD Jateng. Total pasangan itu mengumpulkan 42 kursi yang berasal dari PKB 13 kursi, Gerindra 11 kursi, PKS 10 kursi, dan PAN 8 kursi.

Setelah penutupan pendaftaran calon yang akan bersaing di Pilgub Jateng 2018, Rabu pukul 24.00 WIB, tahapan Pilgub Jateng akan berlanjut ke verifikasi berkas dan pemeriksaan kesehatan. Verifikasi berkas akan diperiksa lebih dulu untuk memeriksa keabsahannya. “Sedangkan untuk pemeriksaan kesehatan dijadwalkan Jumat-Minggu [12-14/1/2018] nanti. Untuk pasangan calon yang bersaing di Pilgub pemeriksaan akan dilakukan di RSUP dr. Kariadi Semarang,” beber Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….