Soloraya
Kamis, 11 Januari 2018 - 21:37 WIB

PILKADA 2018 : KPU Karanganyar Buka Kembali Pendaftaran Cabup-Cawabup Senin Depan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar, Juliatmono dan Rober Christanto, berjalan dari Masjid Agung Karanganyar ke KPU Karanganyar untuk mendaftar, Rabu (10/1/2018). (Ponco Suseno/JIBI/SOLOPOS)

KPU Karanganyar akan membuka kembali pendaftaran cabup-cawabup pada Senin-Rabu pekan depan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar akan membuka kembali pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) peserta Pilkada Karanganyar, Senin-Rabu (15-17/1/2018).

Advertisement

Untuk itu mulai Jumat (12/1/2018) ini hingga Minggu (14/1/2018), KPU akan menyosialisasikan tahapan tersebut kepada masyarakat. Pembukaan kembali pendaftaran cabup-cawabup dikarenakan pada masa pendaftaran sebelumnya, Senin-Rabu (8-10/1/2018), hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar yakni Juliyatmono-Rober Christanto (Yuli-Rober).

Karena itu pula tes kesehatan pasangan calon yang sedianya dilakukan Kamis (11/1/2018) urung dilakukan. Anggota Komisioner Divisi Teknis KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, mengatakan peluang PKS sebagai satu-satunya parpol yang tidak masuk koalisi pendukung Yuli-Rober untuk mendaftarkan pasangan calon sebenarnya sudah tidak ada lagi.

Syarat parpol/gabungan parpol bisa mengajukan pasangan calon yakni harus punya dukungan minimal 9 kursi di DPRD. Sedangkan PKS hanya memiliki 6 kursi. Namun demikian, KPU tetap harus menjalankan prosedur dengan membuka kembali pendaftaran calon.

Advertisement

“Perpanjangan pendaftaran ini sebenarnya normatif karena tak akan ada lagi paslon yang didaftarkan parpol atau gabungan parpol di KPU. Tapi, kami harus melakukan tahapan ini,” katanya saat ditemui Solopos.com, di Kantor KPU Karanganyar, Kamis.

Baca:

Poros Baru Gagal Terbentuk, Yuli-Rober Terancam Lawan Kota Kosong

Advertisement

Pengamat Sebut Pilkada Karanganyar 2018 Sudah Selesai

Soal jadwal uji kesehatan bagi pasangan Yuli-Rober, Muhammad Maksum, mengatakan akan dilakukan setelah masa perpanjangan pendaftaran rampung. “Mestinya hari ini [Kamis] uji kesehatan. Mengingat paslonnya hanya satu, uji kesehatan itu ditunda terlebih dahulu. Sesuai rencana, uji kesehatan dilakukan di RSUD dr. Moewardi di Solo,” katanya.

Yuli-Rober siap mengikuti seluruh tahapan pendaftaran di KPU Karanganyar. Mereka tak terlalu memikirkan bakal menghadapi kotak kosong di Pilkada 2018.

“Kami akan tetap melaksanakan tugas sebagai pasangan ke depan. Kami tetap menyosialisasikan gagasan dan menawarkan program-program untuk masyarakat Karanganyar,” kata Juliyatmono.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif