ilustrasi curahan air hujan (JIBI/Solopos/Dok.) ilustrasi curahan air hujan (JIBI/Solopos/Dok.)
Kamis, 11 Januari 2018 10:35 WIB Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos Solo Share :

Hujan Deras Picu Genangan di Kawasan Sekitar Jl. Juanda Solo

Hujan deras memicu genangan di sekitar Jl. Juanda Solo.

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Kota Solo pada Rabu (10/1/2018) pada siang hingga sore hari menimbulkan genangan di sejumlah ruas jalan di wilayah Jebres.

Di RT 003/RW 003 Kelurahan Sewu Kecamatan Jebres Solo, genangan bahkan terjadi hampir sampai satu jam, pada Rabu sore. Genangan terpantau di gang dekat SMP MIS (Modern Islamic School).

Menurut Ketua Sibat Sewu Budi Utomo, jalur selokan di wilayah RT 003/RW 003 sangat kecil. Di sepanjang Jl. Juanda juga kurang area resapan. “Semua full cor-coran. Jadi bukan banjir tapi genangan akibat drainase yang kurang lancar. Tapi itu sifatnya hanya sesaat, satu jam surut,” kata Budi, tadi malam.

Berdasarkan Peta Bahaya Kerentanan Risiko dan Kapasitas (BKRK) Kelurahan Sewu, wilayah RW 003 Sewu termasuk wilayah rawan genangan. Selain RW 003 juga RW 004 di sekitar Jl. Juanda, termasuk di perbatasan Beton dan Sowijayan.

Genangan bisa terjadi mengingat daerah tersebut merupakan wilayah cekung. Di lokasi tersebut sudah tersedia pompa air.

Sibat Sewu juga sudah berupaya mengantisipasi genangan dengan membuat sumur resapan di belakang SMP MIS dan dua sumur resapan di SMPN 21 Solo.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….