Logan Paul di video yang mendapat kecaman luas. (Istimewa/Youtube) Logan Paul di video yang mendapat kecaman luas. (Istimewa/Youtube)
Kamis, 11 Januari 2018 15:45 WIB JIBI/Solopos.com/Antara Issue Share :

Buntut Video “Hutan Bunuh Diri”, Youtube Putus Kerjasama dengan Logan Paul

Paul membuat publik marah dengan menertawakan jasad seseorang yang bunuh diri di sebuah pohon di “hutan bunuh diri” Jepang.

Solopos.com, NEW YORK – Youtube menyampaikan bahwa pihaknya memutus kerjasama dengan vlogger Amerika Serikat Logan Paul dari platform Google Preferred, Rabu (10/1/2018). Bukan hanya itu, Youtube juga menunda rencana proyek-proyek masa depan dengan dia.

Keputusan itu dibuat setelah melihat kemarahan publik lantaran Paul mengunggah sebuah tayangan yang menampilkan korban bunuh diri di Jepang melalui Youtube.

“Mengingat kejadian baru-baru ini, kami telah memutuskan untuk menghapus saluran Logan Paul dari Google Preferred. Selain itu, kami tidak akan menampilkan Logan di season 4 Foursome dan Originals barunya ditahan,” Youtube Alphabet Inc menyampaikan dalam sebuah pernyataan.

Google Preferred menampilkan konten terpopuler Youtube dalam paket yang dijual kepada pengiklan. Paul, 22, adalah salah satu pencipta konten top di Youtube, yang secara teratur menarik jutaan penayangan dari khalayak yang terutama berorientasi pada pemuda.

Paul juga memiliki proyek dalam layanan premium Youtube, Youtube Red, dan muncul di rangkaian web platform Foursome.

Perwakilan untuk Paul tidak segera menjawab permintaan dari Reuters untuk memberikan komentar terkait hal tersebut.

Paul meminta maaf dalam sebuah video Youtube berjudul So Sorry minggu lalu karena mengunggah rekaman gambar yang menunjukkan ia bersama teman-temannya menertawakan jasad seseorang yang bunuh diri di sebuah pohon di “hutan bunuh diri” Jepang.

Paul mengatakan bahwa dirinya telah membuat kesalahan besar dan merasa malu dengan dirinya sendiri dan segera menghapus videonya usai menyebabkan kecaman di media sosial.

Youtube dalam sebuah surat terbuka pada Selasa (9/1/2018) mengatakan bahwa pihaknya kecewa dengan video yang dibagikan minggu lalu, dan mengatakan bahwa bunuh diri bukanlah lelucon. “Bunuh diri tidak seharusnya menjadi penarik untuk menonton konten tersebut,” lanjut Youtube.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa video Paul melanggar pedomannya dan mempertimbangkan konsekuensi lebih lanjut.

Paul yang belum mengunggah video apapun dalam sepekan terakhir dan mengatakan bahwa ia meluangkan waktu untuk bercermin.

Saluran Paul, Logan Paul Vlogs, yang memiliki lebih dari 15 juta pelanggan, masih aktif di Youtube dan pengiklan masih dapat memilih untuk beriklan di videonya, atau mereka dapat memilih untuk tidak ikut serta.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….