Wadiyem menunjukkan kambing miliknya yang mati misterius, Kamis (11/1/2018). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja) Wadiyem menunjukkan kambing miliknya yang mati misterius, Kamis (11/1/2018). (Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 11 Januari 2018 22:40 WIB Beny Prasetya/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Begini Ciri Binatang Liar Penyerang Hewan Ternak di Kulonprogo

Warga curiga anjing liar penyerang hewan ternak.

Solopos.com, KULONPROGO–Penyerangan hewan ternak yang terjadi di Kulonprogo pada Kamis (11/1/2018) dini hari setidaknya menyebabkan tiga ternak kambing milik warga Desa Ngestiharjo, Wates, Kulonprogo mati dan dua lainnya luka. Hewan ternak itu diduga diserang anjing liar.

Salah satu saksi Paiman, 57, mengungkapkan dirinya tadi pagi melihat salah satu anjing yang diduga turut serta dalam aksi penyerangan hewan ternak di Ngestiharjo.

“Tingginya sekitar 80 sentimeter lebih, yang saya lihat jelas warnanya putih coklat,” ungkap Paiman Kamis.

Paiman menambahkan, dirinya melihat hewan itu saat menyiangi padi di sawah pada pagi hari. Padahal biasanya di Ngestiharjo tidak ada anjing yang berkeliaran. Bahkan masyarakat sekitar juga tidak ada yang memelihara anjing seperti itu.

“Saya kira anjing liar, tidak hanya satu saya kira, dan ini baru pertama terjadi di sini,” katanya

Baca juga : Sejumlah Kambing di Kulonprogo Ditemukan Mati Misterius Dini Hari

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, Drajad Purbadi mengungkapkan kejadian ini kemungkinkan dilakukan oleh anjing liar.

“Dari penuturan beberapa saksi dan ditemukannya anjing yang berkeliaran, maka besar kepastian kematian dilakukan oleh anjing liar,” jelasnya. Drajad menghimbau, masyarakat Ngestiharjo tetap tentang dan mengamankan hewan peliharaannya. Karena anjing liar seringkali melakukan perburuan di tempat yang sama dan berulang kali.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….