Soloraya
Kamis, 11 Januari 2018 - 17:15 WIB

2.065 Makam di TPU Putri Cempo Solo Kelar Dipindahkan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas menebang pohon beringin raksasa di TPU Putri Cempo karena dinyatakan terdapak proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3, Senin (4/12/2017) pagi. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Pemindahan makam di TPU Putri Cempo Solo sudah selesai dilakukan.

Solopos.com, SOLO — Proses pemindahan 2.065 makam di Tempat Permakaman Umum (TPU) Putri Cempo di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, selesai dikerjakan. Sebagian besar makam dipindah ke TPU Untoroloyo, Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo.

Advertisement

Hal itu diungkapkan Pelaksana Kegiatan Pemindahan Makam Putri Cempo dari CV Sumber Agung, Trihono, Kamis (11/1/2018). “Ada delapan kerangka tulang manusia yang ditemukan belakangan setelah proses pemindahan makam rampung,” kata dia.

Trihono menambahkan delapan kerangka tersebut merupakan kerangka yang ditemukan di tanah dengan kedalaman lebih dari 2 meter yang tidak teridentifikasi dan terinventarisir Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Solo.

Meski demikian, ungkap dia, kerangka-kerangka temuan belakangan itu tetap dikubur dengan layak di TPU Untotoloyo.

Advertisement

Sementara itu, bangunan cagar budaya (BCB) makam Putri Cempo di TPU Putri Cempo dipastikan bakal digeser ke bagian tanggul Kali Anyar yang berada tidak jauh dari lokasi makam sekarang. BCB makam Putri Cempo terpaksa digeser karena terdampak pelaksanaan proyek Penanganan Banjir Kota Solo Paket 3 (Kali Pepe Hulu).

Berdasarkan pantauan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif