Tiruan menara Masjid Menara Kudus di Malaysia. (Instagram-@backpackology) Tiruan menara Masjid Menara Kudus di Malaysia. (Instagram-@backpackology)
Rabu, 10 Januari 2018 12:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

WISATA KUDUS
Wow, Ada Tiruan Menara Masjid Kudus di Malaysia

Wisata ke Kudus tentu tak akan melewatkan menara di Masjid Menara Kudus, namun siapa sangka bangunan itu ada tiruannya di Malaysia.

Solopos.com, KUDUS – Para wisatawan yang pernah berkunjung ke Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) tentu tak asing lagi dengan dengan menara yang berada di Masjid Menara Kudus. Namun siapa sangka tiruan menara tersebut juga ada di Malaysia.

Kisah tiruan menara Masjid Menara Kudus nan unik di Malaysia itu ramai dibicarakan publik pengguna Internet (netizen) setelah fotonya diunggah pengguna akun Instagram @backpackology, Sabtu (6/1/2018). Ia menyatakan tiruan menara itu berada di Terengganu, Malaysia. “Bangunan ini [menara seperti di Masjid Menara Kudus] mungkin terlihat familiar untuk orang Jawa Tengah, namun sejatinya bangunan ini ada di Negeri Terengganu, Malaysia,” tulisnya pada keterangan foto.

Ia menambahkan menara itu merupakan tiruan dengan versi lebih kecil dibanding aslinya. “Ya, menara masjid Kudus dengan arsitektur khas candi hindu ini dibuat dalam versi miniatur di Taman Tamadun Islam di Terengganu,” imbuhnya.

Foto yang berkisah tentang duplikat menara Masjid Menara Kudus nan unik itu kemudian di-repost oleh pengelola akun Instagram @sekitarkudus beberapa saat kemudian. Sontak foto tiruan menara di Malaysia yang aslinya berada masjid yang juga salah satu objek wisata di Kudus tersebut mendapatkan beragam komentar.

Kebanyakan dari mereka yang mengaku sebagai warga Kudus merasa bangga lantaran bangunan di daerah mereka ditiru dan ditempatkan di negara lain. “Wahh. Bangga jadi orang Kudus nieh,” ungkap pengguna akun Instagram @ambonlenny.

“Luar biasa Kudus,” timpal pengguna akun Instagram @raramylia.

“Kota Kudus, selalu bikin bangga,” tulis pengguna akun Instagram @masan_lebih_baik.

Menara di salah satu masjid yang kini juga sebagai objek wisata di Kabupaten Kudus itu merupakan bangunan bercorak Hindu dengan tinggi 18 meter. Menara yang tiruannya kini ada di Malaysia tersebut merupakan bangunan yang terletak di Masjid Menara Kudus yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang bertujuan untuk berziarah ke Kudus. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….