Siswa berada di dekat pagar bambu yang membatasi halaman belakang sekolah dengan talut ambrol di SD Kanisius Pelemdukuh, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Uli Febriarni) Siswa berada di dekat pagar bambu yang membatasi halaman belakang sekolah dengan talut ambrol di SD Kanisius Pelemdukuh, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Uli Febriarni)
Rabu, 10 Januari 2018 12:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Talut Belakang Sekolah Longsor, Keselamatan Siswa Dikhawatirkan

Perbaikan masih menunggu anggaran tahunan pemerintah kabupaten

Solopos.com, KULONPROGO-Talut di belakang Sekolah Dasar Kanisius Pelemdukuh, Desa Purwosari mengalami kerusakan akibat terdampak hujan deras pada akhir November 2017 lalu. Akibatnya, para guru di sekolah cecemasan akan keselamatan siswa.

Kepala SD Kanisius Pelemdukuh Fransisca Suminem menyatakan, pihak sekolah sudah melayangkan surat edaran dan pemberitahuan kepada wali murid mengenai kondisi terakhir talut. Selain itu, sekolah juga sudah memasang pagar bambu sebagai peringatan agar siswa tidak mendekati tepian talut yang ambrol tersebut.

Sekolah juga sudah memberitahukan kondisi talut kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kulonprogo. Ternyata perbaikan talut tidak dapat dilakukan segera, tetapi masih menunggu anggaran tahunan pemerintah kabupaten.

Ia mengakui, talut sekolah juga pernah ambrol akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. Sekolah kemudian memperbaiki kerusakan tersebut karena tidak terlalu besar. Namun, kerusakan yang dialami talut sepanjang 75 meter itu saat ini begitu besar, hingga mengikis setengah halaman belakang sekolah.

“Kami cukup khawatir dengan anak-anak kalau mereka bermain di luar ruangan. Kami berharap kerusakan ini bisa segera diperbaiki,” ujarnya, Selasa (9/1/2018).

Salah seorang siswa SD Kanisius Pelemdukuh Nur Iman mengungkapkan, biasanya tempat itu digunakan oleh siswa sebagai lokasi upacara bendera, bermain bola, bulutangkis dan senam. “Sekarang tempat bermain jadi terbatas,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….