Jogja
Rabu, 10 Januari 2018 - 12:55 WIB

Talut Belakang Sekolah Longsor, Keselamatan Siswa Dikhawatirkan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa berada di dekat pagar bambu yang membatasi halaman belakang sekolah dengan talut ambrol di SD Kanisius Pelemdukuh, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Uli Febriarni)

Perbaikan masih menunggu anggaran tahunan pemerintah kabupaten

Harianjogja.com, KULONPROGO-Talut di belakang Sekolah Dasar Kanisius Pelemdukuh, Desa Purwosari mengalami kerusakan akibat terdampak hujan deras pada akhir November 2017 lalu. Akibatnya, para guru di sekolah cecemasan akan keselamatan siswa.

Advertisement

Kepala SD Kanisius Pelemdukuh Fransisca Suminem menyatakan, pihak sekolah sudah melayangkan surat edaran dan pemberitahuan kepada wali murid mengenai kondisi terakhir talut. Selain itu, sekolah juga sudah memasang pagar bambu sebagai peringatan agar siswa tidak mendekati tepian talut yang ambrol tersebut.

Sekolah juga sudah memberitahukan kondisi talut kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kulonprogo. Ternyata perbaikan talut tidak dapat dilakukan segera, tetapi masih menunggu anggaran tahunan pemerintah kabupaten.

Ia mengakui, talut sekolah juga pernah ambrol akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat. Sekolah kemudian memperbaiki kerusakan tersebut karena tidak terlalu besar. Namun, kerusakan yang dialami talut sepanjang 75 meter itu saat ini begitu besar, hingga mengikis setengah halaman belakang sekolah.

Advertisement

“Kami cukup khawatir dengan anak-anak kalau mereka bermain di luar ruangan. Kami berharap kerusakan ini bisa segera diperbaiki,” ujarnya, Selasa (9/1/2018).

Salah seorang siswa SD Kanisius Pelemdukuh Nur Iman mengungkapkan, biasanya tempat itu digunakan oleh siswa sebagai lokasi upacara bendera, bermain bola, bulutangkis dan senam. “Sekarang tempat bermain jadi terbatas,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif