Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok) Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok)
Rabu, 10 Januari 2018 14:55 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Seleksi Perangkat, Pemdes Wajib Libatkan Pihak Ketiga

Panitia seleksi tidak boleh membuat sendiri soal ujian

Solopos.com, SLEMAN-Sebanyak 100 jabatan perangkat desa di Sleman kosong. Selama proses seleksi perangkat desa, pemerintah desa (pemdes) diwajibkan melibatkan pihak ketiga.

Kepala Bidang Pengambangan dan Kelembagaan Aparat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman Lasiman mengatkan, hal itu terkait dengan pembuatan soal-soal ujian, mulai dari tes wawancara, ujian tertulis, hingga praktik komputer. Panitia Seleksi, katanya, tidak diperbolehkan membuat soal sendiri.

“Wajib dipihakketigakan. Untuk ujian tertulis, bedanya tidak ada lagi pembagian kategori muatan lokal dan umum,” jelasnya, Selasa (9/1/2018).

Baca juga : 100 Jabatan Perangkat Desa di Sleman Kosong

Meski proses seleksi perangkat desa menjadi kewenangan pemdes, kata Lasiman, pemkab tetap memiliki wewenang untuk mengawasinya. “Nanti akan dibagi mana pengawasan untuk pemkab, kecamatan, desa dan pansel. Ini dilakukan agar proses seleksi berjalan baik,” katanya.

Sekretaris Paguyuban Kepala Desa Se-Sleman Manikmoyo Tomon Haryo Wirosobo berharap pelimpahan wewenang tersebut dapat segera dilakukan agar pengisian perangkat desa sesuai dengan UU Desa. “Pembahasan sudah dilakukan, tinggal menunggu pengesahannya. Kami ingin secepatnya disahkan untuk otonomi desa,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….