Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo memadamkan api yang membakar tempat laundry di Jl. Kahuripan, Sumber, Banjarsari, Solo, Rabu (10/1/2018). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos) Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Solo memadamkan api yang membakar tempat laundry di Jl. Kahuripan, Sumber, Banjarsari, Solo, Rabu (10/1/2018). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)
Rabu, 10 Januari 2018 13:35 WIB Muhammad Ismail/JIBI/Solopos Solo Share :

KEBAKARAN SOLO
Kronologi Lengkap Kobongan Ludeskan Kios Beauty Laundry Sumber

Kebakaran Solo, kios Beauty Laundry di Sumber ludes terbakar.

Solopos.com, SOLO — Kios Beauty Laundry di Jl. Kahuripan No.78 Kampung Sumber RT 004 /RW 009, Sumber, Banjarsari, Solo, ludes terbakar, Rabu (10/1/2018). Kebakaran dipicu korsleting kemudian menyambar gas 3 kg yang bocor hingga meledak.

Saksi mata Aris Hartanto, 31, warga Sumber, menjelaskan sebelum kebakaran terjadi pemadaman listrik di wilayah Sumber sejak pukul 07.00 WIB. Karyawan Beauty Laundry memanfaatkan mesin pengering berbahan bakar elpiji 3 kg untuk mengeringkan pakaian.

“Saya mencium bau gas di dalam kios saat mesin pengering pakaian berbahan bakar gas 3 kg menyala,” ujar Aris kepada solopos.com di lokasi kejadian, Rabu. (baca: Korsleting Picu Kebakaran di Beauty Laundry Sumber)

Tak lama kemudian, lanjut dia, terjadi korsleting di dalam kios saat listrik menyala lalu menyambar gas 3 kg hingga meledak. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Semua karyawan langsung mengeluarkan semua barang berharga dan baju di dalam kios laundry.

“Warga langsung menghubungi polisi dan Dinas Pemadam Kebakaran. Kami bersama warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya sebelum empat unit mobil damkar tiba dilokasi,” kata dia.

Agus mengungkapkan api baru bisa dipadamkan pukul 09.55 WIB. Semua barang berharga seperti dua unit mesin cuci, ratusan baju milik pelanggan, dan empat tabung gas 3 kg ikut terbakar.

Pemilik Kios Beauty Laundry, Yayuk, tidak mengira korsleting bisa memicu kebakaran di kios miliknya. Ia akan meminta pertanggungjawaban PLN karena sebelum kebakaran terjadi pemadaman listrik. “Saya memperkirakan kerugian akibat kebakaran ini ditaksir senilai Rp100 juta,” kata dia.

Kapolsek Banjarsari Kompol I Komang Sarjana mewakili Kapolresta Surakarta (Solo) Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo, memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian kebakaran di Kios Beauty Laundry di Sumber.

Yayuk pemilik Beauty Laundry diketahui menyewa kios dari Purwaningsih dimanfaatkan sebagai tempat usaha. “Kami masih melakukan pendataan untuk memastikan nilai kerugian akibat kebakaran ini,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….