Pedagang beras di pasar Argosari, Wonosari, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo) Pedagang beras di pasar Argosari, Wonosari, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)
Rabu, 10 Januari 2018 22:55 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Harga Beras Diperkirakan Turun saat Panen Raya

Harga beras akhir-akhir naik di beberapa daerah termasuk Gunungkidul

Solopos.com, GUNUNGKIDUL–-Harga beras akhir-akhir naik di beberapa daerah termasuk Gunungkidul. Untuk daerah Gunungkidul dinilai akan turun setelah memasuki panen raya sekitar Januari-Maret.

Kepala Seksi Distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan memang ada kenaikan harga beras akhir-akhir ini. “Ada kenaikan harga memang akhir-akhir ini, namun untuk stok masih cenderung aman,” ujarnya Selasa (9/1/2018).

Ia juga mengatakan telah ada kordinasi dengan Bulog maupun para pedagang di pasar jika terus ada kenaikan, akan diadakan operasi pasar.

Namun Sigit juga mengatakan kenaikan itu tidak berlangsung lama lagi, karena para petani khusunya di Gunungkidul telah memasuki masa panen. Sehingga dipastikan bila stok melimpah, harga cenderung turun.

Sebelumnya juga Bulog menurut keterangan Sigit pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menjamin stok kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan gula pasir masih aman dipasaran.

Salah satu pedagang beras di pasar Argosari, Wonosari, Dwi Yulianto juga menyayangkan kenaikan beras itu. “Kenaikan cukup berasa dan gak turun-turun pembeli pada ngeluh juga jadian kenaikan itu,” ujarnya.

Dwi juga mengatakan sebenarnya kenaikan tersebut sering terjadi ketika para petani belum panen raya. Dia mengatakan juga biasanya setelah panen raya harga akan kembali turun.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….