Jogja
Rabu, 10 Januari 2018 - 22:55 WIB

Harga Beras Diperkirakan Turun saat Panen Raya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang beras di pasar Argosari, Wonosari, Selasa (9/1/2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Harga beras akhir-akhir naik di beberapa daerah termasuk Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–-Harga beras akhir-akhir naik di beberapa daerah termasuk Gunungkidul. Untuk daerah Gunungkidul dinilai akan turun setelah memasuki panen raya sekitar Januari-Maret.

Advertisement

Kepala Seksi Distribusi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gunungkidul, Sigit Haryanto mengatakan memang ada kenaikan harga beras akhir-akhir ini. “Ada kenaikan harga memang akhir-akhir ini, namun untuk stok masih cenderung aman,” ujarnya Selasa (9/1/2018).

Ia juga mengatakan telah ada kordinasi dengan Bulog maupun para pedagang di pasar jika terus ada kenaikan, akan diadakan operasi pasar.

Namun Sigit juga mengatakan kenaikan itu tidak berlangsung lama lagi, karena para petani khusunya di Gunungkidul telah memasuki masa panen. Sehingga dipastikan bila stok melimpah, harga cenderung turun.

Advertisement

Sebelumnya juga Bulog menurut keterangan Sigit pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, menjamin stok kebutuhan pokok seperti beras, minyak, dan gula pasir masih aman dipasaran.

Salah satu pedagang beras di pasar Argosari, Wonosari, Dwi Yulianto juga menyayangkan kenaikan beras itu. “Kenaikan cukup berasa dan gak turun-turun pembeli pada ngeluh juga jadian kenaikan itu,” ujarnya.

Dwi juga mengatakan sebenarnya kenaikan tersebut sering terjadi ketika para petani belum panen raya. Dia mengatakan juga biasanya setelah panen raya harga akan kembali turun.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif