Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)
Rabu, 10 Januari 2018 05:40 WIB Salsabila Annisa Azmi/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Hama Tikus Serang Puluhan Hektare Lahan

Serangan hama tikus kembali terjadi.

Solopos.com, BANTUL–Serangan hama tikus di lahan padi Desa Argorejo dan Desa Argosari Sedayu terus terjadi. Meskipun sudah dipasang trap barrier system (TBS) mengurangi populasi tikus, namun populasi tikus kembali melonjak di tahun berikutnya.

Ketua Kelompok Tani Boga Lestari Desa Argomulyo, Jakiman, mengatakan setiap musim tanam di Sedayu, setidaknya ada 10 hektare lahan mengalami kerusakan parah hingga gagal panen dan 25 hektare mengalami kerusakan sedang. “Setidaknya setiap ada gropyok tikus, setiap 2.000 meterĀ  kami dapat 200 ekor [tikus],” ujar Jakiman kepada Harianjogja.com, Selasa (9/1/2018).

Sudah empat tahun warga menggunakan inovasi dari Dinas Pertanian Bantul berupa TBS, diakui Jakiman penggunaan TBS mampu mengurangi populasi tikus sebesar 80%. Namun di tahun berikutnya setidaknya ada 1.114 anak tikus yang ditemukan. Jakiman juga mengaku TBS yang ada di Sedayu masih terbatas. “Baru bisa dua hektare yang dipasangi [TBS], dipakainya bergilir, tergantung wilayah mana yang parah [oleh hama tikus],” kata Jakiman.

Camat Sedayu Fauzan Muarifin mengatakan permasalahan hama tikus di Sedayu memang sangat sulit diatasi. Khususnya di Desa Argosari dan Argorejo. Rumah Burung Hantu (Rubuhan) pun belum efektif karena sedikit burung yang menetap di rubuhan. Terkait solusi pembasmi tikus, saat ini Kecamatan Sedayu merencanakan adanya penangkaran burung hantu sekaligus menjadikannya sebagai destinasi wisata. “Akan kami koordinasikan, komprehensif dengan dinas pertanian dan pariwisata,” ujar Fauzan.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….