Ernest Prakarsa (Instagram @ernestprakarsa) Ernest Prakarsa (Instagram @ernestprakarsa)
Rabu, 10 Januari 2018 13:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Issue Share :

Ernest Bahas Guyonan Ge Pamungkas dan Joshua Suherman yang Jadi Polemik

Menurut Ernest bebas mengekspresikan setiap karya-karyanya.

Solopos.com, JAKARTA – Ge Pamungkas dan Joshua Suherman tengah menjadi pebincangan publik lantaran kedua komika tersebut dianggap telah melecehkan agama Islam melalui materia yang dibawakan saat melakukan stand up.

Mengenai hal yang tengah menimpa kedua temannya tersebut, Ernest Prakasa memberikan komentar. Secara umum, ia menjelaskan kalau setiap komedian harus selalu mempunyai tanggungjawab atas setiap apapun yang dilontarkan.

“Ya sebenarnya tanpa ada masalah apapun, kondisi apapun secara umum buat aku pribadi setiap komedian selalu punya tanggung jawab buat apa yang diomongin,” ujar Ernest Prakasa saat ditemui di Hong Kong Cafe, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

“Kalau terlepas dari kondisi politik, kondisi apapun selalu harus siap bertanggung jawab. Sesimple itu saja sih. Aku mau ngomong apapun, aku pikirin dulu. Ini nanti ada yang tersinggungkah, ada yang mempermasalahkan atau enggak, kita harus siap sama resikonya,” paparnya.

Menurut pemain film Susah Sinyal tersebut, komika sama saja seperti seniman yang lainnya, yakni bebas mengekspresikan setiap karya-karyanya. Namun, jika menerima dampak dari setiap karya yang dikeluarkan, lagi-lagi Ernest menekankan harus ada kesiapan untuk bertanggungjawab.

“Ya itu, kita tuh seniman bebas berekspresi tapi bebasnya bebas bertanggung jawab. Jadi kalau ada dampak dari apa yang kita lakuin, ya kita harus siap,” ucap Ernest Prakasa.

“Itu saja, siap ngomong, siap tanggung jawab,” tutup Ernest.

lowongan pekerjaan
Penerbit Ziyad Visi Media, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….