Tentara Rusia membawa bendera Kesultanan Ottoman yang disita setelah Rusia menang atas Kesultanan Ottoman dalam pertempuran di Erzurum, 1916. (Wikimedia.org) Tentara Rusia membawa bendera Kesultanan Ottoman yang disita setelah Rusia menang atas Kesultanan Ottoman dalam pertempuran di Erzurum, 1916. (Wikimedia.org)
Rabu, 10 Januari 2018 00:50 WIB R. Wibisono/JIBI/Semarangpos.com Internasional Share :

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 Januari

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 10 Januari

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 10 Januari.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 10 Januari. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Januari.

1791
Pasukan Indian menyerang kawasan dekat Cincinnati, Amerika Serikat (AS) demi menumpas pasukan AS. Namun pasukan Indian justru kalah dan mundur setelah bertempur selama dua hari. Peristiwa itu merupakan salah satu serangan gagal yang dilakukan Indian di masa Perang Indian Barat Laut.

1806
Orang-orang Belanda yang tinggal di Cape Town, Afrika Selatan (Afsel) menyerah kepada pasukan Inggris yang tiba di wilayah tersebut. Dengan menyerahnya para pemukim Belanda itu, Inggris lantas menguasai wilayah Cape Town.

1863
Bagian pertama jalur kereta bawah tanah di London, Inggris yang disebut London Underground Railway dibuka. Jalur kereta bawah tanah pertama di London itu menghubungkan kawasan Paddington ke Farringdon Street.

1916
Pasukan Rusia mulai menyerang wilayah Erzurum, Kesultanan Ottoman. Serangan Rusia itu memecah pertempuran dengan Kesultanan Ottoman selama lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan Rusia.

Pertemuan dalam rangka Ratifikasi Perjanjian Versailles oleh Liga Bangsa-Bangsa. (sovanmonni.wordpress.com)

Pertemuan dalam rangka Ratifikasi Perjanjian Versailles oleh Liga Bangsa-Bangsa. (sovanmonni.wordpress.com)

1920
Pertemuan pertama negara-negara anggota Liga Bangsa-Bangsa (LBB) digelar demi meratifikasi Perjanjian Versailles. Perjanjian yang diratifikasi itu berisi tentang kesepakatan antara Blok Sekutu dan Blok Sentral untuk mengakhiri Perang Dunia I.

1923
Pasukan Lithuania mulai menyerang wilayah Memel atau Klaipeda demi menguasainya. Lithuania kemudian berhasil menguasai wilayah yang sebelumnya dikuasai Jerman tersebut. Hingga kini, Klaipeda masih menjadi wilayah kekuasaan Lithuania.

Tentara Yunani berdiri di dekat tank milik Italia yang disita setelah kalah dalam pertempuran di Kelcyre Gorge, Albania, 1941. (Wikimedia.org)

Tentara Yunani berdiri di dekat tank milik Italia yang disita setelah kalah dalam pertempuran di Kelcyre Gorge, Albania, 1941. (Wikimedia.org)

1941
Pasukan Yunani berhasil mengalahkan pasukan Italia di Kelcyre Gorge, Albania setelah bertempur selama lima hari. Sehari kemudian, pasukan Italia angkat kaki dari Kelcyre Gorge sehingga wilayah tersebut dikuasai pasukan Yunani.

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di Methodist Central Hall London. (lordsoftheblog.net)

Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di Methodist Central Hall, London. (lordsoftheblog.net)

1946
Sidang umum pertama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) diselenggarakan di Methodist Central Hall di London, Inggris. Sidang umum pertama itu dihadiri perwakilan dari 51 negara.

1984
Marouane Chamakh lahir di Tonneins, Prancis. Ia kemudian terkenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Arsenal, sejak 2010 hingga 2013. Meski lahir di Prancis, Chamakh kini memiliki kewarganegaraan Maroko dan membela Tim Nasional Maroko.

David Robert Jones alias David Bowie. (Officialcharts.com)

David Robert Jones alias David Bowie. (Officialcharts.com)

2016
David Robert Jones atau yang lebih kondang dengan nama David Bowie meninggal dunia di New York, Amerika Serikat (AS) setelah berjuang melawan kanker yang menjangkitnya. Semasa hidupnya, David Bowie dikenal luas sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser rekaman dari Inggris yang telah berkarya selama lebih dari empat dekade. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Januari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Januari

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….