Soloraya
Selasa, 9 Januari 2018 - 11:00 WIB

Pemkab Karanganyar Pasang Videotron Rp100 Juta di Papahan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Videotron terpasang di Papahan, Karanganyar, Senin (8/1/2018). (Ponco Suseno/JIBI/Solopos)

Pemkab Karanganyar memasang videotron di Papahan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Satu unit videotron berukuran 2,5 meter X 3,5 meter terpampang di perempatan Papahan, Karanganyar, sejak beberapa waktu lalu. Videotron itu menjadi videotron pertama yang dipasang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

Advertisement

Videotron yang dipasang dengan menelan anggaran Rp100 juta itu dipasang dengan tujuan mengenalkan berbagai program dan potensi Bumi Intanpari dalam konteks kekinian.

Videotron diletakkan di pojok timur bagian selatan dari arah Solo-Karanganyar. Penempatan videotron sengaja dipilih lokasi yang dinilai strategis. Harapannya, setiap pengguna jalan yang melintas di Jl. Lawu, terutama dari Solo-Karanganyar, dapat melihat content yang dipublikasikan melalui videotron.

Salah satu hal yang membedakan videotron yang dipasang Pemkab Karanganyar dengan daerah lainnya, yakni videotron di Papahan tidak difungsikan untuk kegiatan komersial. Sebaliknya, videotron itu diproyeksikan mempromosikan sekaligus memublikasikan Karanganyar ke khalayak ramai.

Advertisement

“Saya pribadi melihat, niat Pemkab Karanganyar membangun videotron itu sudah baik. Sebagai warga juga terbantu dengan content di videotron itu, tentang pesona alamnya, pemerintahannya, dan yang lainnya. Hanya, ukuran videotron itu kurang besar. Kalau bisa lebih besar, mungkin akan lebih mengundang pengguna jalan atau warga untuk ingin tahu apa yang terkandung di dalam videotron itu,” kata salah satu warga asal Palur, Wawan, 34, saat ditemui di Karanganyar, Senin (8/1/2018).

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan videotron itu bisa menjadi pilot project mengenalkan Karanganyar dengan cara yang berbeda di era modern. Videotron yang pembangunannya bersumber dari APBD Karanganyar itu sengaja diletakkan di perempatan Papahan yang menjadi pintu masuk ke Kota Karanganyar dari arah barat/Solo.

“Kami baru bisa memasang satu videotron. Kami akan melihat sisi efektivitas dari videotron itu sendiri. Kalau memberikan efek postif, kami sudah ada rencana menambah videotron lagi ke depan. Setidaknya, di setiap pintu masuk menuju Kota Karanganyar, baik dari utara, timur, dan selatan akan kami pasang. Yang jelas, videotron itu ditujukan untuk memublikasikan berbagai hal terkait Karanganyar ke seluruh warga, baik dari Karanganyar dan luar Karanganyar,” katanya.

Advertisement

Kepala Dinas Perhubungan Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dishub PKP) Karanganyar, Sundoro, mengatakan penempatan videotron di Papahan karena jalur tersebut paling ramai dilewati pengendara kendaraan.

“Selain ada videotron, kami juga memasang lampu flashing di Jl. Lawu, yakni di depan Hotel Taman Sari dan Kodim 0727/Karanganyar. Fungsinya untuk memperlambat laju pengendara,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif