Teknologi
Selasa, 9 Januari 2018 - 13:45 WIB

NASA Temukan Figur Misterius di Planet Mars

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampakan Planet Mars (Techtimes)

NASA mengemukakan bahwa gambar-gambar itu bisa jadi berupa kristal atau mineral yang memenuhi celah di mana kristal itu larut.

Solopos.com, WASHINGTON – Rover Curiosity NASA menangkap sebuah gambar formasi yang tidak biasa, terukir permukaan batu Mars. NASA telah menemukan sejumlah figur misterius di Mars yang berbentuk seperti batang.

Advertisement

Dalam posting asli di Twitter, badan antariksa tersebut mengemukakan bahwa gambar-gambar itu bisa jadi berupa kristal atau mineral yang memenuhi celah di mana kristal itu larut. Namun, mereka belum mengetahui secara pasti mengenainya.

Formasi batuan yang aneh tersebut berukuran satu sampai dua milimeter dengan panjang hingga lima milimeter. Bentuknya terlalu kecil untuk diamati, tetapi dapat tertangkap oleh Curiosity’s Mars Hand Lens Imager (MAHLI) dalam serangkaian foto close-up yang sangat rinci.

NASA menemukannya setelah melihat sebuah corak biru di wilayah yang sama dari Mars Reconnaissance Orbiter, yang telah mengorbit Mars sejak 2006. Penasaran dengan warna tersebut, Curiosity menghampiri lokasi hanya untuk menemukan figur yang aneh.

Advertisement

Di akun Twitter-nya, badan antariksa itu juga memposting foto area secara luas, yang menunjukkan tepatnya lokasi figur-figur tersebut, sebagaimana dilaporkan oleh International Business Times, Senin (8/1/2018).

NASA akan melanjutkan eksperimen untuk membuka misteri tersebut, tetapi para pengguna Twitter sudah mulai melontarkan tebakannya tentang apa sebenarnya figur itu. Beberapa ada yang berteori tentang Viking dan jejak roda di permukaan Mars, sedangkan yang lainnya berpendapat mengenai sisa-sisa fosil dinosaurus dan cacing pasir.

“Mereka terlihat sangat mirip dengan fosil jejak Ordovician yang telah saya pelajari dan potret di Bumi. Jika bukan jejak fosil, apa penjelasan geologis lain yang akan diajukan NASA?” kata Barry DiGregorio, seorang peneliti di Buckingham Centre for Astrobiology di Inggris, kepada Inside Outer Space.

Advertisement

Jejak fosil bisa berupa tapak, jejak jalan, liang, atau jejak makhluk lain selain makhluk itu sendiri. Namun, karena masih terlalu dini untuk memprediksi sesuatu seperti itu, Ashwin Vasavada, ilmuwan proyek Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA mengatakan bahwa mereka tidak akan langsung menyimpulkan hal tersebut.

Untuk sekarang, Curiosity’s Alpha Particle X-ray Spectrometer dan ChemCam sedang mempelajari komposisi kimia figur tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif