Joshua Suherman (Instagram @jojosuherman) Joshua Suherman (Instagram @jojosuherman)
Selasa, 9 Januari 2018 16:10 WIB Issue Share :

Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi Atas Tudingan Penistaan Agama

Joshua Suherman dilaporkan oleh FUIB atas tudingan penistaan agama.

Solopos.com, SOLO – Standup comedian Ge Pamungkas dan Joshua Suherman dituding telah melakukan penistaan agama. Mereka menyisipkan agama di salah satu materi.

Forum Umat Islam Bersama (FUIB) membuat laporan atas tuduhan penghinaan dan pelecehan terhadap agama ke Bareksrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (9/1/2018) kepada Joshua Suherman. Lantas, bagaimana nasib Ge Pamungkas?

“Untuk Ge kita sudah komunikasikan untuk segera dilaporkan ke Bareskrim,” kata Ketua Umum FUIB Rahmat Himran usai melaporkan Joshua Suherman.

Kendati demikian, sebagaimana dilansir Okezone.com, Selasa, Rahmat menjelaskan keterangannya mengatakan pelaporan terhadap Ge Pamungkas akan dilakukan LSM lain. Saat ini, pihaknya masih memusatkan perhatian pada laporan terhadap Joshua Suherman. Baca juga: Singgung Agama, Joshua Suherman Akan Dilaporkan ke Polisi

“Kami fokus ke Joshua dulu, baru nanti kita evaluasi untuk kasus lain dan baru akan kami laporkan ke Bareskrim,” pungkas Rahmat Himran.

Menurut laporan dari FUIB, Joshua Suherman dikenakan Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 UU ITE. Pasal 27 ayat 3 UU ITE yakni melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Sedangkan Pasal 28 ayat 2 adalah setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

 

 

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….