Lifestyle
Selasa, 9 Januari 2018 - 16:55 WIB

Inilah Wahana Wisata di Taman Buah Mekarsari Mini Versi Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Farida Trisnaningtyas  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung berfoto dengan latar pemandangan di Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/12/2017). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

Inilah objek wisata Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, yang bakal menjadi versi mini kebun buah Mekarsari.

Solopos.com, WONOGIRI—Anda pernah berwisata ke kebun buah Mekarsari di Cileungsi, Bogor? Tak perlu jauh-jauh untuk pergi ke sana karena Wonogiri bakal punya kebun buah seperti taman buah Mekarsari versi mini. Adalah objek wisata Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri yang dibuka sejak dua bulan lalu. Tiket masuk ke kawasan ini pun sangat murah, hanya Rp2.000.

Advertisement

Tertarik mengunjungi Padepakan Soko Langit? Bagi warga Soloraya, dapat menggunakan layanan GPS dengan mengetik Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Rute tersingkat adalah melewati Tawangmangu – Cemoro Kandang – Cemoro Sewu – Telaga Serangan, seterusnya hingga masuk ke wilayah Kecamatan Plaosan, Magetan, Jawa Timur. Setelah tiba di Kantor Kecamatan Plaosan, Magetan, perhatikan tanda arah menuju Kecamatan Bulukerto, Wonogiri. Dari titik ini, belok kanan dan lanjutkan perjalanan sekurangnya satu jam.

Akses laluan menuju destinasi tersebut cukup mudah lantaran berupa aspal halus selebar tiga hingga enam meter.

Advertisement

Akses laluan menuju destinasi tersebut cukup mudah lantaran berupa aspal halus selebar tiga hingga enam meter.

Salah satu pengelola, Bagus Arsita Putra, mengatakan objek wisata Padepokan Soko Langit yang dibuka dua bulan lalu terus berbenah. Pengelola masih menyiapkan sejumlah wahana agar semakin memanjakan pengunjung. Konsep ke depannya, destinasi ini bakal mirip kebun buah di Bogor versi mini.

“Sasaran kami nantinya anak sekolah karena mereka bisa belajar sambil berwisata. Kami juga akan memberi edukasi praktik menanam, merawat, sampai memanen tanaman buah yang benar,” katanya, kepada Solopos.com, Selasa (26/12/2017).

Advertisement

Hamparan pohon buah naga di Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/12/2017). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

  1. Kebun Buah

Di kompleks ini terhampar deretan tanaman buah naga setinggi dua meter. Berjajar rapi memeluk tiang bata, tanaman berduri itu tampak baru saja berbunga. Tak jauh di sebelahnya, tanaman jambu kristal giliran menyapa. Buah jambu seukuran bola pingpong menandai suburnya lahan di kawasan itu.

Selain itu, ada pohon jeruk keprok, belimbing, jambu air, jambu kristal, dan anggur. Tapi, buah-buahan ini belum boleh dipetik karena masih muda. Nanti, jika sudah cukup usia, pengelola bakal membuka layanan wisata edukasi petik buah.

Advertisement

Pengunjung mencoba wahana flying fox di Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/12/2017). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

  1. Wahana Flying Fox

Ada gardu setinggi sembilan meter yang menjadi titik awal luncuran flying fox. Dari atas wahana ini pengunjung bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Pengunjung bakal meluncur setinggi sembilan meter melintasi kebun buah yang tepat berada di tepi jurang. Lintasannya sendiri hanya sepanjang 80 meter.

Untuk mencicipi wahana ini, pengunjung hanya dimintai tarif Rp10.000 sekali jalan. Tarif ini belum termasuk tiket masuk memasuki kawasan Padepokan Soko Langit senilai Rp2.000.

Advertisement

Pengunjung berfoto dengan latar pemandangan di Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/12/2017). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

  1. Gardu Pandang dan Spot Swafoto

Padepokan Soko Langit juga punya gardu pandang setinggi lima meter. Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan hijaunya perbukitan lereng Gunung Lawu sisi selatan. Lapisan bukit hijau saling bertumpuk bergradasi indah dengan birunya langit. Spot ini sangat cocok untuk lokasi swafoto.


Deretan gazebo di Padepokan Soko Langit di Dukuh Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/12/2017). (Mariyana Ricky P.D./JIBI/SOLOPOS)

  1. Wifi Gratis

Kalaupun hanya ingin duduk santai, pengelola juga menyediakan gazebo warna-warni lengkap dengan akses Wifi gratis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif