Ilustrasi
Selasa, 9 Januari 2018 14:40 WIB Sunartono/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Dosen UNY Dijanjikan Rp6,5 Juta untuk Satu Penelitian

UNY meluncurkan rencana kegiatan penganggaran terpadu (RKPT) e-budgeting.

Solopos.com, SLEMAN–Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) akan mewajibkan seluruh dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan memberikan anggaran Rp6,5 juta. Hal itu disampaikan Rektor UNY
Prof. Sutrisna Wibawa saat meluncurkan rencana kegiatan penganggaran terpadu (RKPT) e-budgeting di Ruang Sidang Utama Rektorat, Senin (8/1/2018).

“Tahun 2018 semua dosen wajib melakukan riset dan pengabdian masyarakat, dengan alokasi dana penelitian 5 juta rupiah per orang dan dana pengabdian masyarakat 1,5 juta rupiah per orang yang dilaksanakan berkelompok,” terang Prof. Sutrisna Wibawa dalam rilis kepada Harianjogja.com, Senin.

Ia menambahkan, penelitian difokuskan pada bidang ilmu melalui research group. Dalam kesempatan itu, Rektor juga memberikan kabar gembira, bahwa dosen kontrak akan diangkat menjadi dosen tetap non PNS dan akan mengikuti karier sebagai dosen, mulai dari tenaga pengajar bahkan bisa menjadi guru besar. “Dan bila di tengah diangkat PNS maka
pengabdian selama ini akan diperhitungkan,” imbuh dia.

RKPT, lanjutnya, akan menerapkan e-budgeting, bila anggaran pendukung lebih besar akan mendapat sorotan. Unsur penunjang dalam penganggaran tidak boleh lebih besar dari unsur utama. Lembaga harus fokus pada kegiatan tertentu, ia mencontohkan LPPM harus fokus pada kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat, LPPMP fokus pada kegiatan
penjaminan mutu, pengembangan pendidikan dan fakultas fokus pada Tri Dharma perguruan tinggi.

Rektor juga berencana mengembangkan program pendidikan karakter dengan kajian pelaksanaan dan pedoman pendidikan karakter dan mengimplementasikannya di semua unit pada kegiatan akademik dan non akademik. “Dengan dukungan universitas akan dilaksanakan reformasi birokrasi serta layanan terpadu universitas,” tegasnya.

Wakil Rektor II UNY Edi Purwanta mengatakan bahwa daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) UNY telah diserahkan dan diharapkan tidak ada sisa kegiatan. Menurutnya, RKPT sekarang ada perubahan, semua kegiatan dosen luar biasa dan kontrak universitas akan dikurangi. “RKPT juga berorientasi kegiatan,” ungkapnya. (*)

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….