ilustrasi (JIBI/Bisnis)
Selasa, 9 Januari 2018 15:20 WIB Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

DKP Gunungkidul Targetkan Produksi Perikanan 478.773 Ton

Berbagai upaya dilakukan untuk peningkatan produksi

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gunungkidul targetkan produksi perikanan budi daya sebesar 19.773 ton dan produksi perikanan tangkap 459.000 ton.

Sekretaris DKP Sugeng Raharjo mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk peningkatan produksi tersebut. “Terutama tentu pendekatan ke kelompok nelayan dan juga para pemilik ikan di air tawar, dengan berbagai penyuluhan atau pembinaan,” ujarnya, Senin (8/1/2018).

Terkait kendala, untuk perikanan tangkap banyak faktor yang sulit dikendalikan, seperti alam, dan musim ikan itu sendiri. Untuk permasalahan alat tangkap masih bisa teratasi. Sementara, untuk perikanan budi daya juga dipengaruhi cuaca. Hal itu terjadi lantaran ketika kemarau datang, air masih sulit untuk didapat di Gunungkidul, sehingga cukup mengganggu pembudidayaan ikan.

Ia berharap, para pelaku usaha perikanan baik tangkap maupun budi daya dapat berinovasi untuk hasil olahan ikan. Hasil produksi tidak hanya dijual mentah atau digoreng, tapi ada inovasi lain.

Jumlah nelayanpun diharapkan bertambah. Hal ini berarti anak-anak dari nelayan setidaknya ada yang melanjutkan dengan ilmu dan keberanian lebih sehingga dapat menjangkau kawasan-kawasan yang berpotensi ikan yang selama ini belum terjamah. Pemerintah juga telah berupaya melindungi nelayan-nelayan tersebut dengan asuransi.

Kepala Seksi Kenelayanan Supriyono mengatakan, asuransi nelayan tersebut memberi manfaat banyak dan sudah cukup banyak para pendaftarnya. “Di 2017 kita targetkan 1.000 kartu nelayan, realisasinya 811. Di 2018 ini kita targetkan 500 karena total nelayan di Gunungkidul sekitar 1.200-an,” katanya.

Namun, disayangkan asuransi tersebut hanya berlaku setahun dan para pendaftar hanya diperkenankan mendaftar satu kali. Setelah itu diharapkan nelayan dapat mandiri memiliki asuransi.

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….