Anggota TNI menyingkirkan ranting pohon yang tumbang menutup ruas jalan raya Jogja-Solo, wilayah Klaten, Selasa (9/1/2018). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos) Anggota TNI menyingkirkan ranting pohon yang tumbang menutup ruas jalan raya Jogja-Solo, wilayah Klaten, Selasa (9/1/2018). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)
Selasa, 9 Januari 2018 18:35 WIB Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos Klaten Share :

ANGIN KENCANG KLATEN
Perempuan Pengendara Motor Terluka Kena Pohon Tumbang di Jalan Solo-Jogja

Angin kencang di wilayah Klaten mengakibatkan pohon tumbang sehingga melukai satu orang dan membuat sepeda motor ringsek.

Solopos.com, KLATEN – Sebatang pohon di ruas jalan raya Jogja-Solo, Desa Jambukulon, Kecamatan Ceper, ambruk akibat angin kencang, Selasa (9/1/2018). Akibat kejadian itu, seorang warga terluka pada bagian tangan dan satu unit sepeda motor rusak akibat tertimpa pohon.

Pohon yang tumbang sempat menyebabkan kendaraan yang melintas di jalan nasional itu dialihkan melewati ruas jalan di wilayah Desa Dlimas hingga ke wilayah Besole, Desa Klepu, Kecamatan Ceper untuk kembali ke jalan raya. Pohon yang tumbang juga menimpa kabel listrik hingga merobohkan salah satu tiang lampu yang berdiri di median jalan.

Salah satu warga, Bowo, 31, menuturkan saat kejadian ia berada di dalam bengkel tambal ban miliknya yang berlokasi di samping pohon yang tumbang. Pohon tumbang itu bersamaan datangnya hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebenarnya posisi pohon itu menjorok ke sawah. Namun, karena kencangnya angin yang berembus membuat pohon tumbang ke jalan. Pohon itu menutup salah satu ruas jalan raya,” kata Bowo saat ditemui wartawan di bengkelnya, Selasa.

Bowo menuturkan sebelum pohon tersebut tumbang, ada seorang pengendara sepeda motor yang berhenti di tepi jalan tepat di bawah pohon. Pengendara bernama Veronicka Afinanti, 41, warga Desa Butuhan, Kecamatan Delanggu, itu berhenti untuk mengenakan jas hujan.

Dia sendiri di lokasi itu. Saat tahu pohon tumbang, ia berusaha menyelamatkan diri,” ungkap Bowo.

Namun, punggung telapak tangan kanan wanita yang mengendarai sepeda motor Honda Revo bernopol AD 2854 CV itu terjepit di antara batang pohon dan jok sepeda motor. Warga di sekitar lokasi berdatangan untuk mengevakuasi Veronicka.

Ada 20 orang yang mengangkat pohon untuk mengeluarkan tangan wanita tersebut yang terjepit,” urai Bowo.

Proses pemotongan dan evakuasi pohon tumbang dari badan jalan rampung sekitar pukul 14.17 WIB. Evakuasi pohon dilakukan warga dibantu sukarelawan, TNI, BPBD, serta polisi.

Sementara Veronicka yang berhasil dievakuasi langsung dibawa ke RSI Klaten guna mendapatkan perawatan. “Korban mengalami luka ringan pada pergelangan tangan dan menjalani rawat jalan,” kata Operator Pusdalops BPBD Klaten, Arif Fuad.

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….