Logo Gunungkidul
Senin, 8 Januari 2018 11:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Rp10,1 Miliar untuk Bangun Sepuluh Pasar di Gunungkidul

Pasar Argosari memiliki porsi anggaran yang besar karena nilai perbaikan mencapai Rp4,5 miliar

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-Sedikitnya sepuluh pasar di Gunungkidul akan dibangun di tahun ini. Total untuk perbaikan, Pemkab Gunungkidul mengalokasikan anggaran sekitar Rp10,1 miliar.

Data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, 10 pasar yang akan diperbaiki yakni Pasar Argosari, Wonosari; Pasar Playen, Playen; Pasar Hargomulyo, Gedangsari; Pasar Mentel, Tanjungsari; Pasar Bedoyo, Ponjong; Pasar Trowono, Paliyan; Pasar Wonontoro, Karangmojo; Pasar Semin, Semin; Pasar Jimbaran, Ponjong; dan Pasar Jepitu, Girisubo.

Kepala Bidang Pasar, Disperindag Gunungkidul Ari Setiawan mengatakan, program rehabilitasi pasar tradisional sudah dimasukkan dalam kegiatan di APBD 2018. Total pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp10,1 miliar. “Programnya sudah ada dan untuk besaran perbaikan, setiap pasar memiliki anggaran yang berbeda-beda,” kata Ari kepada Solopos.com, Minggu (7/1/2018).

Menurut dia, Pasar Argosari memiliki porsi anggaran yang besar karena nilai perbaikan mencapai Rp4,5 miliar. Rencananya, dana tersebut digunakan untuk menyelesaikan pemasangan lift yang sudah dibangun sejak tahun lalu sebesar Rp2 miliar. Sisanya sebesar Rp2,5 miliar digunakan untuk pembangunan di lantai dua pasar. “Selain Argosari, pasar yang dibangun dengan nilai besar di antaranya Pasar Playen senilai Rp2,5 miliar,” ungkapnya.

Ari menjelaskan, program revitalisasi merupakan bagian untuk menghidupkan kembali pasar sebagai urat nadi perekonomian di masyarakat. Adanya bangunan yang lebih representatif bisa memberikan kenyamanan baik untuk pengunjung maupun pedagang. “Mudah-mudahan dengan kondisi bangunan atau lokasi yang bagus maka geliat perekonomian bisa tumbuh berkembang,” katanya.

Berikut rincian alokasi dana untuk masing-masing pasar:

Pasar Argosari: Rp4,5 miliar

Pasar Playen: Rp2,5 miliar

Pasar Hargomulyo: Rp800 juta

Pasar Mentel: Rp800 juta

Pasar Bedoyo: Rp800 juta

Pasar Wonontoro: Rp100 juta

Pasar Trowono: Rp100 juta

Pasar Semin: Rp150 juta

Pasar Jimbaran: Rp150 juta

Pasar Jepitu: Rp200 juta

Total: Rp10,1 miliar

Sumber: Disperindag Gunungkidul

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….