Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis) Ilustrasi PDIP (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)
Senin, 8 Januari 2018 23:50 WIB JIBI/Solopos/Antara Semarang Share :

Pilkada 2018 di Jateng Tanpa Koalisi PDIP dengan Gerindra dan PKS

Pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 di tujuh daerah Jateng tanpa koalisi PDIP dengan Gerindra ataupun PKS.

Solopos.com, SEMARANG — Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Jawa Tengah tampak berjarak dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak satu pun dari tujuh pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di Provinsi Jawa Tengah pada 2018 yang diwarnai dengan koalisi PDIP dengan Partai Gerindra ataupun PKS.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Haryanto tak mengonfirmasi bahwa sikap politik partainya yang sepenuhnya berseberangan dengan Partai Gerindra dan PKS dalam Pilkada 2018 di Jateng itu adalah sebuah kesengajaan. “Saya tidak berpikir kalau tidak bersama [Partai Gerindra dan PKS], mungkin faktor kebetulan atau tidak, saya tidak tahu. Akan tetapi, prinsipnya inilah dinamika yang bisa diwujudkan hari ini seperti itu,” kataBambang Haryanto di Kota Semarang, Jateng, Minggu (7/1/2018) malam.

Hal tersebut disampaikan Bambang seusai penyerahan rekomendasi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah dari PDIP untuk pilkada serentaj 2018 di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah. Dari tujuh kabupaten dan kota di Jateng yang akan menggelar pilkada pada 2018 ini, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Karanganyar yang dinilainya paling aman bagi calon kepala daerah yang diusung PDIP.

“Paling aman Karanganyar karena koalisi besar, kemungkinan besar calon tunggal,” ujarnya. Untuk pilkada di Kabupaten Karanganyar itu, PDIP bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengusung pasangan Juliyatmono-Rober Christanto.

Sedangkan pada Pilbup Kudus, PDIP bersama Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN akan mengusung pasangan Masan-Noor Yasin.  Pasangan Zaenal Arifin-Edi Cahyana akan diusung PDIP, PKB,PPP, PAN, dan Partai Demokrat pada Pilbup Magelang.

Pasangan Bambang Sukarno-Matoha diusung PDIP dan PKB pada Pilbup Temanggung. Pasangan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono diusung PDIP, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) pada Pilbup Banyumas.

Pasangan Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno diusung PDIP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem pada Pilbup Tegal. Sedangkan, pada pilkada di Kota Tegal, PDIP akan mengusung pasangan Herujito-K.R.T. Sugono Adinagara.

Sebagai upaya pemenangan Pilkada 2018 di tujuh kabupaten dan kota di Jateng itu, PDIP menurutnya akan menyolidkan struktur partai bersama partai-partai koalisi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….