Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.) Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)
Senin, 8 Januari 2018 15:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

PILKADA 2018
Buka Pendaftaran Pilgub Jateng, KPU Gandeng BNN

Pilkada 2018 telah memasuki tahap pendaftaran.

Solopos.com, KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah (Jateng) resmi membuka pendaftaran bagi calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan bersaing pada Pilkada atau Pilgub Jateng 2018, Senin (8/1/2018). Pendaftaran itu dibuka selama tiga hari hingga Rabu (10/1/2018).

Dalam pendaftaran peserta Pilgub Jateng 2018 itu, KPU menggandeng petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). BNN akan memberikan tes narkoba bagi pasangan calon (paslon) yang mendaftar.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, menjelaskan pelibatan petugas BNN dimaksudkan agar masyarakat bisa mendapatkan paslon yang memenuhi persyaratan undang-undang, termasuk kelayakan pemeriksaan kesehatan dan terbebas dari narkoba.

“Oleh karena itu, kami telah menyiapkan personel keamanan [TNI/Polri], ditambah petugas-petugas medis dari Ikatan Dokter Indonesia [IDI], para psikolog, BNN untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan administrasi terhadap para calon,” ujar Joko di Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran, Semarang, Senin.

Joko menambahkan pendaftaran selama tiga hari dibuka tiap pukul 08.00 WIB-16.00 WIB sore. Namun, khusus pada hari terakhir pendaftaran atau Rabu, prosesnya akan dilayani lebih lama mulai pukul 08.00 WIB-00.00 WIB dini hari.

Joko menyampaikan ke semua petinggi parpol tingkat Jateng untuk menghadiri acara pembukaan pendaftaran peserta Pilgub Jateng 2018, Senin ini.

KPU ingin menyosialisasikan mekanisme, tata cara, dan kelengkapan dokumen yang harus dibawa paslon saat mendaftarkan.
Pihaknya kini juga telah berkoordinasi dengan Bawaslu guna bersama-sama mengawal proses pencalonan peserta Pilgub sampai tuntas.

“Bersama Bawaslu, kami akan meningkatkan pengawasan dalam proses pendaftaran paslon,” imbuh Joko.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
SMK CITRA MEDIKA SRAGEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….