Lifestyle
Senin, 8 Januari 2018 - 06:00 WIB

Penyebab Orang Indonesia Suka Ngaret

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi terlambat (derbytelegraph.co.uk)

Ternyata ini penyebab Indonesia suka ngaret.

Solopos.com, SOLO – Indonesia dikenal dengan budaya ngaret. Menurut sosiolog Nia Elvina budaya buruk tersebut disebabkan oleh nilai yang telah berkembang di masyarakat khususnya nilai kemauan untuk maju dan patron-klien.

Advertisement

“Nilai kemauan untuk maju di masyarakat kita memang masih sangat rendah sehingga muncul fenomena tidak menghargai waktu,” ujar sosiolog dari Universitas Nasional ini saat dihubungi oleh Bisnis, Sabtu (6/1/2018).

Fenomena ini kian berkembang dengan diperkuat oleh prilaku para elit yang juga kemajuan untuk majunya juga sangat rendah. Umpamanya, waktu rapat anggota DPR atau rapat kabinet ngaret atau datang sekadar isi absen.

“Masyarakat kita karena masih menganut budaya patron-klien, tadi ikut meniru kebiasaan para elit tadi,” ujarnya.

Advertisement

Sebenarnya bangsa Indonesia juga sudah didesain oleh pendiri bangsa ini dengan nilai demokrasi Pancasila yang mencukup aspek politik, sosial, dan ekonomi. Didalamnya sudah termasuk nilai untuk maju.

“Pratiknya saja kita ini yang mandek, karena pemangku atau para elit bangsa ini banyak yang tidak paham atau minim pengetahuannya tentang nilai yang dibangun para pendiri bangsa tadi,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif