Ilustrasi Pilkades (Dok/JIBI)
Senin, 8 Januari 2018 17:40 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

30 Desa di Gunungkidul Pesta Demokrasi Oktober Mendatang

Pilkades serentak digelar Oktober.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL–Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2018 akan digelar pada Oktober mendatang. Rencananya pesta demokrasi tingkat desa ini diikuti oleh 30 desa di wilayah Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, M Farkhan mengatakan jadwal untuk Pilkades serentak di tahun ini telah ditetapkan. Rencananya kegiatan tersebut digelar Oktober mendatang. “Sudah mulai kami persiapkan. Rencananya Pilkdes serentak diikuti 30 desa,” kata Farkhan kepada wartawan, Senin (8/1/2018).

Untuk kelancaran pelaksanaan Pilkades, Pemkab Gunungkidul telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp2 miliar. Rencananya dana tersebut dimanfaatkan segala keperluan pemilihan mulai dari tahapan sosialisasi, pendaftaran, pemilihan hingga pencetakan kertas suara. “Nanti untuk kertas suara menggunakan gambar calon dan pencetakannya akan difasilitasi oleh pemkab,” ungkapnya.

Farkhan pun berharap pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan tertib, aman dan lancar. Oleh karenanya, untuk menjaga kondisi dan situasi tetap terkendali, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat keamanan yang ada di Gunungkidul. “Kesukesan pilkades serentak 2015 harus jadi acuan. Jadi untuk penyelenggaraan besok [pilkades serentak 2018] harus sukses hingga persiapannya sudah mulai dilakukan sekarang,” katanya lagi.

lowongan pekrjaan
Akuntansi, Administrasi,Marketing,Tehnisi ,Gudang/Driver, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….