Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pakel Program Plus (SD MP3) kini memiliki gedung baru yang diresmikan Minggu (7/1/2018). (Harian Jogja/Gigih M Hanafi) Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pakel Program Plus (SD MP3) kini memiliki gedung baru yang diresmikan Minggu (7/1/2018). (Harian Jogja/Gigih M Hanafi)
Minggu, 7 Januari 2018 21:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Pendidikan Share :

SD Muhammadiyah Pakel Miliki Gedung Baru

Gedung baru ini memiliki tiga lantai

Solopos.com, JOGJA-Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Pakel Program Plus (SD MP3) kini memiliki gedung baru. Gedung unit 3 di Jalan Pakel Baru No.40 Sorosutan, Umbularjo tersebut diresmikan Ketua Bidang Konsolidasi Organisasi dan Kaderisasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dahlan Rais, Minggu (7/1/2018).

Dalam peresmian gedung yang dibangun dengan anggaran sekitar Rp3 miliar itu juga dihadiri Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi, Anggota DPR RI Ahmad Hanafi Rais, serta beberapa pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Jogja dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Umbulharjo.

“Dengan adanya gedung baru SD Muhammadiyah Pakel Program Plus harus lebih baik lagi. Guru-gurunya harus konsentrasi pada peningkatan kualitas,” kata Dahlan Rais, Minggu.

Gedung unit 3 SD MP3 dibangun di atas lahan 300 meter persegi. Pembangunan dilakukan selama lebih kurang 2,5 tahun. Total anggaran dalam pembangunan ini Rp3 miliar dengan dana sebagian besar mengandalkan sumbangan masyarakat dan warga Muhammadiyah, serta bantuan rehab dan renovasi sekolah dari Pemerintah Pusat.

Gedung unit 3 ini rencananya lantai satu dan dua akan digunakan untuk kelas. Sementara, lantai tiga untuk ruang pertemuan. Penambahan gedung ini sebagai tuntitan karena dua gedung yang sudah ada tidak mampu menampung sebanyak 506 siswa.

Dalam kesempatan tersebut, Dahlan Rais juga berpesan pada agar para guru fokus mendidik siswa tidak hanya pintar, tetapi juga beriman dan berakhlak mulia. Ia mengingatkan pentingnya kejujuran dari hal terkecil, menghilangkan budaya menyontek bagi pelajar, serta mengatrol nilai rapor anak didik hanya demi nama baik sekolah.

Menurutnya, hal tersebut bisa dikatagorikan kriminalisasi pendidikan. “Tingkatkan kejujuran karena kejujuran akan menumbuhkan kepercayaan dan kepercayaan akan percepat tiap urusan. Sebaliknya kebohongan akan menumbuhkan kecurigaan, tiap kecurigaan akan hambat kemajuan,” pesan Dahlan Rais.

Peresmian gedung baru unit 3 SD MP3 juga dimeriahkan dengan rangkaian acara jalan sehat yang diikuti sekitar 1.500 orang dan lomba menghias sepeda yang diiikuti para siswa.

Kepala SD Muhammadiyah Pakel Program Unggulan Menik Kamriana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih mendekatkan sekolah dengan masyarakat sekaligus menunjukkan keberadaan SD ini juga bermanfaat untuk masyarakat luas. Selain itu, acara tersebut juga wujud syukur lantaran pada 2017 mendapat banyak hadiah, yaitu sekolah terakreditasi A dengan nilai 96 berpredikat unggul dan siswa yang mendaftar di sekolah sudah hampir memenuhi kuota.

“Dengan adanya kegiatan tahunan seperti ini, harapan kami SD Muhammadiyah Pakel ke depan semakin mendapat dukungan dari masyarakat sehingga sekolah ini mampu menjadi pilihan utama bagi orang tuanya untuk menyekolahkan putra-putrinya” kata Menik.

lowongan pekerjaan
SUMBER BARU BEJEKI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….