JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Suasana trotoar dan jalan Malioboro terlihat lengang di hari pertama memasuki bulan Ramadan 1437H, Senin (06/06/2016). Pemandangan ini saat deretan warung tenda yang menjadi sentra kuliner pada siang hari ini tutup sementara. Tutupnya warung tenda juga menjadi bagian dari rasa toleransi kepada umat muslim yang sedang menunaikan ibadah puasa ramadan.
Sabtu, 6 Januari 2018 10:40 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Proyek Mempercantik Wajah Malioboro Telan Anggaran Puluhan Miliar

Proyek fasad Malioboro untuk menonjolkan kekhasan kawasan tersebut.

Solopos.com, JOGJA–Pemda DIY berencana mempercantik wajah Malioboro dengan melakukan penataan fasad atau muka bangunan yang menonjolkan ciri khas Malioboro.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono menyebut inventarisasi bangunan sudah selesai dibuat. Ia menyatakan, bentuk fasad khas Malioboro terbagi jadi tiga, yakni bergaya indische, Jawa dan perpaduan Pecinan serta Jawa.

Ia mengungkapkan perencanaan akan dibuat tahun ini, dan pada tahun 2019 pengerjaan fisik sudah bisa mulai dilakukan. Umar berharap langkah Pemda DIY bisa menjadi stimulus bagi para pemilik bangunan di Malioboro, agar melakukan hal serupa.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP ESDM) DIY M. Mansur menyatakan, revitalisasi sisi barat Malioboro tersebut akan mulai dilaksanakan tahun ini.

Konsep penataan sisi barat Malioboro ucapnya, kurang lebih sama dengan sisi timur. Hanya saja, bedanya di sisi barat harus ada ruang untuk andong. Untuk itu akan diatur lebih lanjut mengenai tempat transit andong, mengingat space yang terbatas.

Menurutnya proyek tersebut akan menghabiskan dana sekitar Rp35 miliar. Namun ia belum menyebut kapan pastinya proyek akan dilaksanakan.

Pengerjaan revitalisasi sisi barat Malioboro, lanjutnya, akan pararel dengan pemugaran eks Gedung Bioskop Indra. Mansur menyatakan bekas Gedung Bioskop Indra akan dijadikan bangunan? tiga lantai.

“Untuk Bioskop Indra kira-kira menghabiskan dana sekitar Rp40-an miliar. Gedungnya tetap ada unsur budaya dan unsur kekiniannya,” kata dia, Jumat (5/1/2018).

lowongan pekerjaan
HRD PT. Bengawan Inti Kharisma (Management SOLO GRAND MALL Lt. 4A), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Ada Kabar Hoaks Apa Hari Ini?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (04/01/2018). Esai ini karya Yessita Dewi, penulis cerita pendek dan aktif di Buletin Sastra Pawon. Alamat e-mail penulis adalah yessitadewi@gmail.com. Solopos.com, SOLO—Tung! Tung! Tung! Notifikasi telepon pintar saya berbunyi. Fungsinya sama dengan kentungan,…