Agus Kristiyanto (Dok/JIBI/Solopos) Agus Kristiyanto (Dok/JIBI/Solopos)
Sabtu, 6 Januari 2018 05:00 WIB Kolom Share :

GAGASAN
Metrik Olahraga

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (29/12/2017). Esai ini karya Agus Kristiyanto, Guru Besar Analisis Kebijakan Pembangunan Olahraga di Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah aguskriss@yahoo.co.id.

Solopos.com, SOLO–Pemeringkatan perguruan tinggi, terutama universitas di seluruh dunia, terlepas dari persoalan siapa setuju dan siapa tidak setuju, tentu memiliki sisi strategis yang bernilai positif.

Pemeringkatan memiliki arti pemetaan daya saing dan prestasi secara institusional pada tataran nasional, regional, bahkan global. Dari pemeringkatan tersebut setiap universitas digiring untuk berpacu meningkatkan daya saing.

Hasil pemeringkatan dapat dijadikan sebagai tumpuan akselerasi perwujudan universitas yang semakin berkemajuan, sebagai sebuah ”menara api” di tengah masyarakat yang berpengharapan.

Pada awalnya pemeringkatan sekadar mengacu pada basis kekuatan fungsi manajerial umum universitas, terkait dengan tata kelola sumber daya, berdasarkan nilai-nilai produktivitas karya dan reputasi dengan segenap indikator teknisnya.

Belakangan muncul pemeringkatan yang berbasis pada special interest indicator yang memberi ruang pilihan lebih luas tiap universitas unggul dalam dimensi tertentu. Produk sukses pemeringkatan sebagai contoh sebut saja UI Green Metric.

UI Green Metric merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang basis penilaian utamanya adalah komitmen perguruan-perguruan tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup di kampus.

Ini sebuah basis pemeringkatan yang sangat bisa diterima oleh perguruan tinggi di seluruh dunia karena mengacu pada pilar utama misi global pembangunan berkelanjutan yang berwawasan kelestarian lingkungan.

Terdapat enam indikator yang meliputi statistik kehijauan kampus (15%), pengelolaan sampah (18%), energi dan perubahan iklim (21%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), dan pendidikan (18%). Pada 2017 UI Green Metric diikuti oleh 516 perguruan tinggi dari empat benua di dunia.

Selanjutnya adalah: Ada 49 pergurun tinggi berpartisipasi

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Haul dan Risalah Maulid Simtuddurar

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (09/01/2018). Esai ini karya Muhammad Dalhar, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret dan anggota Jemaah Ahbabul Musthofa. Alamat e-mail penulis adalah mbahdalhar7@gmail.com Solopos.com, SOLO–Haul Habib Ali kembali digelar….