ilustrasi (JIBI/dok)
Sabtu, 6 Januari 2018 05:20 WIB Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja Ekonomi Share :

DIY Menjadi Pasar Potensial Kepiting

Kiriman kepiting berasal dari wilayah Kalimantan

Solopos.com, SLEMAN-DIY menjadi pasar potensial untuk komoditas kepiting. Selama 2017, sebanyak 135.815 ekor kepiting masuk ke wilayah DIY.

“Jika asumsinya satu kilogram berisi empat ekor dengan harga kepiting Rp90.000 per kg, maka nilainya sebesar Rp3 miliar,” jelas Oky Fajar Sasongko, Kasubsi Pengawasan Pengendalian dan Informasi Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Jogja, Jumat (5/1/2018).

Oky menjelaskan, kiriman kepiting berasal dari wilayah Kalimantan baik Banjarmasin, Tarakan, maupun Balikpapan. Rata-rata per bulan, kiriman kepiting yang masuk ke DIY antara 8.000 ekor hingga 20.000 ekor. Ini terjadi dimungkinkan konsumsi kepiting untuk memenuhi kebutuhan restoran dan hotel-hotel di DIY serta kebutuhan lainnya.

Seluruh komoditas yang masuk dan terdata di Stasiun KIPM Jogja sudah melalui hasil pemeriksaan. Baik ukuran panjang maupun berat komoditas tersebut. Minimal panjang karapas minimal 15 cm dan berat 200 gram. “Kami ukur dan timbang satu-satu. Ini agar penjual belian komoditas ini sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

 

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Calon Tunggal dan Disfungsi Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (10/01/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universitas Sebelas Maret Solo. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada 2018 ini 171 daerah provinsi/kabupaten/kota akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah secara serentak….